Banner Honda PCX

5 Tantangan yang Dihadapi Industri Perbankan Digital Tahun 2025

5 Tantangan yang Dihadapi Industri Perbankan Digital Tahun 2025

5 Tantangan yang Dihadapi Industri Perbankan Digital Tahun 2025-pixabay-

PALPRES.COM- Tahun 2024 menjadi momentum penting bagi industri perbankan digital di Indonesia, dengan mayoritas bank digital mencatatkan kinerja positif, setidaknya hingga kuartal III.

Didukung oleh data Bank Indonesia yang mencatat pertumbuhan transaksi digital banking sebesar 40,1% (YoY) pada November 2024, tren ini mencerminkan meningkatnya adopsi dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan perbankan berbasis teknologi.

Prospek industri ini pun tetap menjanjikan, dengan Pendapatan Bunga Bersih (NII) diproyeksikan mencapai US$3,63 miliar pada 2025, menegaskan peran bank digital dalam ekosistem keuangan nasional serta daya saingnya dengan bank konvensional melalui inovasi layanan yang lebih aman, kompetitif, dan fleksibel.

Meskipun industri perbankan digital menunjukkan prospek menjanjikan, berbagai tantangan tetap menjadi faktor yang perlu diantisipasi.

BACA JUGA:Krom Bank Tutup Kuartal III dengan Pertumbuhan DPK hingga 540 Persen

BACA JUGA:Fokus Bidik Nasabah Berkualitas, DPK Krom Bank Tumbuh Positif hingga Empat Kali Lipat

Ketidakstabilan ekonomi global, fluktuasi harga komoditas, serta ketegangan geopolitik dapat menciptakan ketidakpastian yang berdampak pada stabilitas industri ini.

Selain itu, persaingan yang semakin ketat di industri bank digital juga turut mendorong kebutuhan akan inovasi berkelanjutan agar tetap kompetitif.

Menanggapi berbagai potensi tantangan ini, Krom Bank, bagian dari Kredivo Group, telah membuktikan resiliensinya dengan mencatatkan kinerja positif sejak mulai beroperasi pada 2024.

Keberhasilan ini mencerminkan kesiapan dan komitmen Krom Bank dalam merespons segala tantangan serta dinamika industri perbankan digital di Indonesia.

BACA JUGA:Krom Bank Hadirkan Strategi Keuangan untuk Generasi Muda, Selain Punya Tabungan juga Miliki Aset Berkelanjutan

BACA JUGA:Jumlah Kelas Menengah Terus Turun, Krom Bank Hadirkan Solusi untuk Generasi Muda Hadapi Ketidakpastian Ekonomi

Presiden Direktur PT Krom Bank Indonesia Tbk, Anton Hermawan, menjelaskan, walaupun industri perbankan digital menunjukkan prospek cerah di 2025, berbagai tantangan perlu diantisipasi.

"Berbekal resiliensi yang telah kami bangun sepanjang 2024, kami optimis dapat menjaga keberlanjutan dengan terus memperkuat diversifikasi produk dan inovasi layanan, sehingga setiap solusi keuangan yang kami tawarkan tetap relevan dengan kebutuhan nasabah di era yang dinamis ini,"jelasnya.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: