Honda

Pasokan Terbatas, Harga Daging Sapi Naik

 Pasokan Terbatas, Harga Daging Sapi Naik

PALPRES.COM- Menjelang Idul Adha ikut berimbas pada sejumlah harga di pasar tradisional yang merangkak naik, seperti harga daging sapi dan cabai merah.

Somad (56) penjual daging sapi di bilangan PTM Serelo mengatakan kenaikan harga sudah terjadi sejak Idul Fitri hingga menjelang Idul Adha ini.

“Saat ini, untuk harga daging sapi Rp160.000 per kilogram, sedangkan waktu usai lebaran Idul Fitri diangka Rp140.000 per kilogram, dan juga belum lagi akibat penyakit mulut dan kuku (PMK), pasokan mengalami penurunan,” ungkapnya, Senin (20/6/2022).

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat, Limra Naufan ST MT didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Yulia Ning Dop menyebutkan, untuk harga daging sapi, ditingkat penjual PTM Serelo ada kenaikan.

Belum lagi faktor adanya PMK, sehingga pasokan atau suplai sapi ke peternak pun ikut diperketat masuk ke Lahat.

“Sapi-sapi yang biasa masuk dalam jumlah besar, kini dibatasi karena PMK jadi sapi yang dipotong juga tidak begitu banyak,” jelasnya.

Limra menambahkan untuk harga cabai merah besar, ada kenaikan yang cukup signifikan, semula hanya seharga Rp25.000 per kilogram, kini telah menyentuh Rp80.000 hingga Rp90.000 per kilogram.

 “Ini dipengaruhi oleh faktor cuaca, belum lagi karena penyakit dari tanaman itu sendiri sehingga berdampak besar bagi petani yang akan menjualnya,” jelasnya. BRN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: