Honda

Wapres Ma’ruf Amin Jalankan Roda Pemerintahan Selama Jokowi ke Eropa

Wapres Ma’ruf Amin Jalankan Roda Pemerintahan Selama Jokowi ke Eropa

PALPRES.COM — Selama Presiden Joko Widodo mengunjungi Eropa, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan memimpin jalannya pemerintahan. Presiden Jokowi diketahui bertolak ke Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman dan akan berkunjung ke Ukraina, serta Rusia.

“Selama saya di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh bapak wakil presiden,” kata Jokowi dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (26/6/2022).

Sebelumnya Jokowi mengatakan, dirinya menghadiri KTT G7 di Jerman dalam rangka membawa misi perdamaian antara Rusia-Ukraina. Terlebih, Indonesia merupakan Ketua Presidensi G20.

“Di sini kita akan mendorong negara-negara G7 untuk bersama-sama upayakan perdamaian di Ukraina,” ujar Jokowi.

Lanjut Jokowi, ia juga akan mendorong negara-negara di dunia mencari solusi krisis pangan, krisis energi yang saat ini tengah melanda dunia. Sikap ini akan terus dilakukan pemerintah Indonesia, meski bukan suatu hal yang mudah.

“Setelah dari Jerman saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky misinya adalah mengajak Presiden Ukraina Zelinsky untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” ucap Jokowi.

Dikatakan Jokowi, dirinya akan menuju Moskow, Rusia untuk menemui Presiden Vladimir Putin. Menurut Jokowi, Indonesia akan meminta Pemerintah Rusia melakukan gencatan senjata.

“Mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, misi tersebut sangat penting diupayakan. Hal ini agar negara-negara berkembang tak jatuh ke jurang kemiskinan.

“Kunjungan ini bukan hanya penting bagi Indonesia tetapi juga penting bagi negara-negara berkembang untuk mencegah rakyat negara-negara berkembang dan berpenghasilan rendah jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem dan kelaparan,” pungkas Jokowi. FAJAR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: