Honda

MUI OKU Imbau Masyarakat Lebih Teliti Beli Hewan Kurban

 MUI OKU Imbau Masyarakat Lebih Teliti Beli Hewan Kurban

PALPRES. COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) meminta masyarakat menghindari hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing, yang terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) menjadi hewan kurban.

Ketua MUI OKU, Admiati Somad mengatakan,  menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, banyak masyarakat yang akan membeli hewan ternak untuk dikurbankan. Oleh karenanya, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih teliti dalam membeli hewan ternak dengan memastikan tidak terpapar wabah PMK, yang saat ini melanda beberapa daerah di Indonesia.

"Meskipun di OKU belum terdeteksi adanya hewan ternak yang terpapar PMK, namun upaya antisipasi harus dilakukan sedini mungkin," katanya kepada wartawan.

Dikatakannya, sesuai syariat Islam dalam berkurban masyarakat diwajibkan memilih hewan yang sehat, tidak cacat fisik serta cukup umur. Meski demikian, kata dia, seandainya masyarakat tidak mengetahui bahwa ternak yang telah disembelih sebagai hewan kurban ternyata terpapar PMK, maka dagingnya tetap halal untuk dikonsumsi. YEN

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: