Honda

Perbaikan Jalan Amblas, Kendaraan Dialihkan Lewat Lubuk Batang-Palembang

Perbaikan Jalan Amblas, Kendaraan Dialihkan Lewat Lubuk Batang-Palembang

PALPRES. COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) berupa pengalihan arus kendaraan selama perbaikan jalan amblas di jalan Cor Beton, Kelurahan Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat.

Diketahui, sejak amblas pada 16 Juni 2022 lalu, jalan cor beton di Kelurahan Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat. Hal ini dikarenakan badan jalan terpisah dengan jarak lima meter.

Badan jalan yang amblas tersebut, saat ini tengah dilakukan upaya perbaikan oleh PT Semen Baturaja Tbk bersama instansi swasta lainnya, dengan menurunkan dua unit ekskavator dan alat berat lainnya. Guna menyatukan badan jalan yang terpisah, akan dibuat jembatan penghubung berupa box culvert.

Kepala Dishub Kabupaten OKU Firmansyah mengatakan, terkait adanya perbaikan jalan tersebut, pihaknya telah merancang rekayasa lalu lintas (lalin). Sementara ini arus kendaraan dialihkan dari arah Muara Enim yang hendak menuju Palembang melewati jalan lintas umum Lubuk Batang- Palembang. Begitupun sebaliknya. Kendaraan dari arah Palembang menuju Muara Enim diarahkan melewati jalan  lintas umuk Lubuk Batang-Palembang.

"Jalan lintas cor beton Batukuning untuk sementara tidak bisa dilewati, baik kendaraan roda dua maupun roda empat," kata Firmansyah, Minggu (26/6/2022).

Menurut dia, pengalihan sementara arus lalulinas akan berlangsung selama perbaikan jalan. Sejauh ini arus lalulintas terpantau lancar dan tidak terjadi kemacetan.

Diketahui, jalan Kelurahan Batukuning merupakan jalan lintas alternatif bagi kendaraan bermuatan besar dan berat. Kerusakan diduga akibat badan jalan sudah tidak bisa menahan beban berat kendaraan akibat sering dilalui kendaraan bermuatan berat. Amblasnya badan jalan tersebut diduga disebabkan bagian bawah badan jalan terdapat aliran sungai kecil, sehingga membuat badan jalan menjadi labil. YEN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: