Honda

Buruan! Kominfo Cari 40 Startup Lokal Terbaik

Buruan! Kominfo Cari 40 Startup Lokal Terbaik

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) saat ini sedang mencari 40 startup terbaik di seluruh Indonesia untuk dibina dalam program Gerakan Nasional 1000 startup.

Para pelaku usaha di bidang digital ini nantinya akan dibina selama tiga bulan dan diberikan panggung untuk mempresentasikan program di hadapan investor yang menjadi mitra pemerintah pusat.

Kepala Program Gerakan Nasional 1000 Startup, Sebastian Alex, mengatakan potensi startup di Indonesia masih sangat besar. Bahkan beberapa startup, khususnya di Palembang, sudah bisa menjadi mentor untuk membentuk talenta anak muda dalam membuat startup.

"Saya kira potensi startup ini bisa menjadi pondasi yang bagus. Tinggal bagaimana startup ini mendapat dukungan dari pelaku industri," ujarnya saat menghadiri Focus Group Discussion Ecosystem Connect HUB 4 (Sumatera Selatan, Bangka Belitung & Lampung) dengan Tema “Pemetaan Isu dan Potensi Daerah Dalam Pengembangan Usaha Rintisan Berbasis Teknologi Digital” di MDP IT Store Lantai 6 Simpang Polda, Selasa (28/06/2022).

BACA JUGA:Diskominfo Targetkan Seluruh Desa di OKU Terakses Internet

Dia menjelaskan, Kementerian Kominfo memberikan dukungan kepada startup lokal melalui program Gerakan Nasional 1000 Startup. Lewat program ini, startup lokal akan diberikan panggung untuk mempresentasikan programnya di hadapan pelaku industri serta membentuk ekosistem secara nasional.

“Ada juga Startup Studio, startup ini levelnya sudah sudah PT (persereoan terbatas, red). Dengan program ini akan diinkubasi selama 3-6 bulan. Sejak tahun 2020, ada kenaikan 200 persen tingkat investasi karena partnernya bukan hanya di Indonesia namun juga Asia hingga Amerika,” jelasnya.

Untuk itulah, sambung dia, Kominfo saat mendukung talenta muda dalam membentuk startup. Hal ini mengingat, infrastruktur digital sudah sangat refresentatif sehingga berwirausaha secara digital memiliki jangkauan pasar yang lebih besar.

“Market Indonesia sangat besar, hampir 75 persen keseharian kita berhubungan dengan teknologi," jelasnya.

BACA JUGA:Sosialisasi Ekosistem Layanan Digitalisasi Pemerintah Daerah

Sementara itu, Manager HUB 4, Gerakan Nasional 1000 Startup, Joneten Saputra mengatakan, kegiatan FGD ini untuk mengajak anak muda membuat startup melalui program pemerintah.

“Pada prinsipnya kami ingin membentuk ekosistem startup terlebih sehingga bisa menumbuhkan talenta anak muda kita dalam membuat startup,” kata Joneten.

Saat ini, sambung Ketua Komunitas Palembang Digital ini, sudah ada 38 startup yang bergabung di komunitasnya yang didukung 16 industri.

“Tren startup di Palembang mengalami kenaikan, dari tahun 2019 hanya ada 10 startup saat ini sudah ada 38 startup. Kami ingin membuat pentahelix sehingga nantinya akan membentuk ekosistem startup di Palembang,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: