Honda

Wawako Lubuklinggau Hadiri Rakorinkeubangda

Wawako Lubuklinggau Hadiri Rakorinkeubangda

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM - Wakil Wali Kota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar menghadiri Rakor pengawasan intern keuangan dan pembangunan daerah (Rakorsinkeubangda) tingkat provinsi Sumsel di Kota Palembang, Rabu (29/6/2022).

Wawako hadir didampingi Plt Inspektur, Resta Irawan, Kepala Dinas Kominfo, M Johan Iman Sitepu, Kepala Dinas Kesehatan, Erwin Armeidi, Kepala Disdagrin, Surya Dharma, Kepala BPKAD Zulfikar.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru. Serta dihadiri oleh Kepala BPKP RI M Yusuf Ateh serta sejumlah jajaran pejabat provinsi Sumsel dam jajaran Bupati Wali Kota se Sumsel.

Herman Deru mengatakan, sudah di atas 30 persen belanja pemerintah di Provinsi Sumsel menggunakan produk dalam negeri.

"Sebenarnya kita sudah diatas 30 persen menggunakan produk dalam negeri untuk belanja pemerintah," kata Gubernur.

Dia mengatakan, belanja pemerintah tidak seberapa dibanding belanja masyarakat. Jadi inilah yang menjadi sosialisasi, karena mensosialisasikan ini butuh percontohan. Pemerintah sudah mengutamakan produk lokal.

Sementara, Kepala BPKP RI Yusuf Ateh mengatakan, saat ini dari pemerintah pusat sampai ke daerah semaksimal mungkin diarahkan untuk menggunakan produk lokal atau produk dalam negeri.

"Program ini dilaksanakan secara terintegrasi dan diawasi dengan ketat. Saat ini hampir seluruh provinsi sudah ada kebijakan yang sama. Tinggal kita monitoring bagaimana realisasinya," kata dia.

Yang menjadi masalah, Yusuf Ateh mengatakan, penyediaan produk tidak seluruh yang dibeli dan yang dibutuhkan pemerintah ada di pasaran. Hal inilah dipaksakan supaya orang-orang membangun produksi di dalam negeri sehingga menjadi investasi luar biasa dan akan menyerap tenaga kerja yang banyak. JEJE

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: