Honda

Pemkot Dorong 100 UMKM Masuk Pasar Digital

Pemkot Dorong 100 UMKM Masuk Pasar Digital

PALEMBANG, PALPRES.COM - Bimbingan teknis pelaporan keuangan secara digital bagi 100 pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Palembang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa di Gedung Ar-Rahma Sri melayu pada Rabu, (29/6/2022).

Dewa menyebutkan, sebanyak 101.903 pelaku usaha mikro yang ada di Kota Palembang akan diberikan pembinaan terkait pelaporan keuangan secara digital.

"Ini bertahap dari program kepengurusan UMKM, Pada intinya Insya Allah seluruhnya akan kita adakan pembinaan, pelatihan, dan juga diklat secara teknis," ujarnya.

Ia mengajak para pelaku usaha mikro untuk menggunakan laporan keuangan secara digital melalui aplikasi.

"Selama ini masih manual, insya Allah berkat pelatihan ini kita mengajak para pelaku usaha mikro untuk menggunakan aplikasi yang ada di Google Play Store," tuturnya.

Sementara itu, Asri (42) selaku pemilik UMKM dan peserta dalam kegiatan ini mengatakan bahwa informasi yang diberikan sangat memudahkan dan menyadarkan peserta bagaimana pentingnya teknologi untuk usaha mereka.

“Karena selama ini aplikasi itu (yang digunakan) belum bisa termanfaat dengan baik karena masih minim pengetahuan, kalau sekarang kan kita dikasih informasi lebih jelas,” tambahnya.

Menurut Asri, sebelumnya ia masih menggunakan sistem manual dan fitur dari aplikasi Gojek atau Grab, dimana laporan yang diberikan sangat sederhana.

“Harapan kedepannya makin banyak aplikasi digital yang bisa menawarkan harga yang lebih kompetitif dengan fasilitas yang lengkap, walaupun harga murah tapi ga kemurahan aplikasi di dalam,” tutupnya. DYN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: