Honda

PPL PALI Ajak Warga Manfaatkan Perkarangan

   PPL PALI Ajak Warga Manfaatkan Perkarangan

PALI, PALPRES.COM - Tim Penyuluh Pertanian Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang tergabung dalam Penyuluh Pendampingan  Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP) dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), turun kelapangan untuk memotivasi warga PALI dalam memanfaatkan perkarangan rumah sebagai kebun tanaman pangan.

Tim PPEP dan PPL kali ini menyambangi kebun tanaman pangan milik Ikhsan Suharto, yang menjabat Ketua Poktan Tunas Harapan Desa Tempirai Timur, Kecamatan Penukal Utara.

 Salah satu Tenaga PPEP, Eko Subagia mengatakan, dengan memanfaatkan perkarangan rumah sebagai kebun tanaman pangan, maka hasilnya dapat membantu ekonomi keluarga.

"Minimal bisa dikonsumsi sendiri. Jadi, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sayuran," katanya. 

BACA JUGA:Gaji ke-13 ASN PALI Segera Cair

  Ia menjelaskan, tanaman pangan (holtikultara) dapat membantu kebutuhan sayuran dan bernilai ekonomis untuk menambah penghasilan keluarga.

"Kami berharap ke depan setiap warga PALI memiliki kebun keluarga yang memanfaatkan lahan perkarangan rumah untuk dikelola secara optimal, seperti tanaman pangan dan peternakan," harapnya.

Sementara, Ketua Poktan Tunas Harapan Tempirai Timur, Ikhsan Suharto mengaku, mengelola kebun keluarga tidak terlalu rumit, hanya butuh ketekunan dan terus berinovasi.

"Seperti lahan yang saya kelola sempit, tapi saya mendesainnya sedemikian rupa sehingga bisa terlihat luas," ucapnya.

BACA JUGA: Ternak di PALI Mulai Diberikan Vaksin PMK Tahap Pertama

Ditengah perkarangan, lanjutnya, dibuat kolam ikan nila dan lele. 

“Untuk disisi kiri kanan ditanam berbagai sayuran dan rempah- rempah,” tukasnya. JOE

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com