Honda

Zulhijah Bulan Istimewa, 10 Hari Pertama Perbanyak Ibadah

Zulhijah Bulan Istimewa, 10 Hari Pertama Perbanyak Ibadah

JAKARTA, PALPRES.COM – Hari ini Senin, 4 Juli 2022 atau bertepatan dengan 4 Zulhijah 1443 Hijriah. Ada beberapa bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu Wata’ala, salah satunya bulan Zulhijah. Lantas apa saja ibadah utama yang disyariatkan pada bulan istimewa ini.

Dikutip dari laman website mui.or.id, Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata dalam Fath al-Bari, “Yang jelas, bahwa sebab keistimewaan sepuluh hari bulan Zulhijah, karena pada bulan ini terkumpul ibadah-ibadah inti, seperti salat, puasa, sedekah, haji, yang mana hal itu tidak didapati pada bulan yang lainnya.”

Berikut ini sejumlah keutamaan yang melekat terhadap Zulhijah:

Pertama, Salah Satu Bulan Haram

BACA JUGA:“Srikandi” di Masjidilharam

Zulhijah termasuk di antara bulan-bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu Wata’ala. Terdapat empat bulan haram yang telah Allah SWT kabarkan dalam Alquran. Keempat bulan tersebut yaitu Dzulqadah, Zulhijah, Muharram, dan Rajab.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.” (QS At Taubah ayat 36)

Penghormatan besar dari Allah Subhanahu Wata’ala terhadap bulan-bulan haram dengan banyak kemuliaan yang terkandung adalah melalui ditetapkan larangan berbuat zalim di dalamnya. Larangan atas perbuatan tersebut berlaku untuk diri sendiri ataupun yang akan dirasakan dampaknya bagi orang lain.

BACA JUGA:Syafitri Jelaskan Peran Moderasi Beragama dalam Ibadah Haji

Kedua, ibadah 10 Hari Pertama

Ragam kemuliaan yang Allah Subhanahu Wata’ala berikan pada Zulhijah salah satunya adalah keutamaan pada 10 hari di awal bulan. Hal ini sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Fajr ayat 2:

وَلَيَالٍ عَشْرٍۙ “Demi malam yang sepuluh.”

Merujuk pada pendapat Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan bahwa sepuluh malam yang dimaksud dalam ayat tersebut berada di awal Zulhijah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: