Honda

Penerimaan PPPK Lubuklinggau Ditunda

 Penerimaan PPPK Lubuklinggau Ditunda

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) LUBUKLINGGAU untuk tahun ini menunda sementara perekrutan PPPK formasi tenaga pendidik, yang biasanya dilaksanakan diakhir tahun.

“Itu kita tiadakan dulu. Dalam artian ditunda dulu untuk sementara,” kata Kepala BPKSDM Kota Lubuklinggau, Yulita Anggraini kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Dijelaskannya, penundaan perekrutan tersebut karena belum adanya kepastian anggaran.

“Jadi kemarin berdasarkan hasil diskusi dengan PPK dalam hal ini Bapak Walikota Lubuklinggau daripada kita melantik dan merekrut tetapi kita tidak tergaji atau hanya bisa dikontrak satu tahun, lebih baik kita tunda dulu sampai memang menunggu anggaran kita,” jelasnya.

BACA JUGA:Ratu Dewa Perjuangkan 3500 Guru Honorer untuk Jadi PPPK

Selain itu berdasarkan pertimbangan pihaknya, ketika direkrut dan hanya dikontrak satu tahun, itu lebih banyak pengeluaran. 

Mulai dari proses seleksi, pelantikan dan pemberian pendidikan awal.

“Jadi lebih baik ditinda dulu, ketika memang kita benar-benar mampu lagi untuk menambah dengan kekuatan 5 tahun minimal,” bebernya.

Yulita menambahkan, tahun lalu ada 286 orang PPPK dikontrak lima tahun. 

BACA JUGA: Enos Harap PPPK OKUT Amanah Dalam Tugas

“Sebenarnya kebutuhan guru di Kota Lubuklinggau baru terpenuhi 68 persen, memang ada kebutuhan guru sebanyak 32 persen,” ungkap dia.

Meski begitu, pihaknya lebih baik bertahan dengan ketersediaan 68 persen guru, daripada gaji tidak mampu dibayar, seperti ada beberapa daerah yang PPPK nya tidak tergaji. 

Sedangkan saat ini pihaknya belum tahu apa yang terjadi kedepan atau yang akan dihadapi, dampak dari kebijakan penghapusan honorer.

Saat ini mensiasati kekurangan SDM tadi, pihaknya juga membuka mutasi masuk PNS yang didalamnya ada formasi guru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com