Honda

Ustaz Syafiq Tegas, Ibadah Kita di Indonesia Bukan Wukuf

Ustaz Syafiq Tegas, Ibadah Kita di Indonesia Bukan Wukuf

Pernyataan Syafiq Basalamah ini disampaikan di kanal YoUtube share sunnah dengan judul: "puasa arafah ikut saudi atau indonesia ?" yang diunggah pada 29 Juni 2022.

BACA JUGA:Idul Adha di Arab Saudi Jatuh pada Sabtu 9 Juli

Lulusan S3 di Universitas Islam Madinah itu menyebut tak ada masalah dengan penentuan tanggal ulan Dzulhijjah di Indonesia.

Dengan tegas, Ustaz Syafiq Riza Basalamah mengatakan bahwa masyarakat Indonesia akan puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, atau pada 9 Juli 2022 mendatang.

"Insya Allah gak ada masalah, mereka mau wukuf atau ga wukuf, kita puasa tanggal 9 (Dzulhijjah) tersebut," ujar Syafiq.

Menurutnya, setiap negeri memiliki rukyatnya sendiri, yakni metode penentuan bulan Hijriah pada momentum tertentu, seperti bulan Ramadhan dan bulan Haji.

BACA JUGA:Pemerintah Tetapkan Idul Adha 10 Juli 2022

"Artinya ketika tanggal 9 di Arafah, kita lebaran dan ini ga mungkin kta puasa, terus gimana? Ya gak ada masalah karena memang semua negeri itu punya rukyat sendiri," sambungnya.

Katanya, setiap negara memiliki hilal tersendiri. Ketika menentukan tanggal Hijriah, pemerintah perlu melihat Hilal untuk memastikannya.

"Sama saja, dari sisi melihat hilal, apakah setiap negeri itu punya hilal sendiri sehingga mereka menentukan tanggal itu sesuai yang mereka lihat. Mereka lihat, ya mereka puasa gitu. Apa kita harus ikut Saudi?" ujarnya.

Menurut Ustaz Syafiq Riza Basalamah, pendapat yang paling kuat terkait pelaksanaan puasa Arafah, harus sesuai dengan matlah dengan penentuan tanggal setelah Hilal terlihat.

BACA JUGA:Idul Adha Bisa Jadi Tak Serentak

"Jadi pendapat yang lebih kuat setiap negeri itu punya matlah munculnya hilal sendiri-sendiri sehingga puasanya ikut negeri kita, gak ikut negeri lain," tambah Ustaz Syafiq Basalamh.

Ustaz Syafiq memang tak menampik, sebagian ulama mempersoalkan puasa Arafah, ada berpendapat bahwa puasa Arafah bertepatan jemaah Haji sedang wukuf.

"Kalau secara wukuf sejatinya dahulu sebelum adanya handphone, orang tahu (kapan) wukuf di Arafah? Gak ada yang tahu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id