Honda

9 Langkah Pengembangan Museum, Berikut Poin-Poinnya

9 Langkah Pengembangan Museum, Berikut Poin-Poinnya

MUBA, PALPRES. COM- Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Provinsi Sumatera Selatan, Cahyo Sulitiyaningsi mengatakan, bahwa pengembangan museum perlu menjadi agenda prioritas sebagai salah satu upaya untuk memajukan kebudayaan. 

"Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah maupun Dinas Dikbud Muba, " kata Cahyo dalam paparannya

Diantaranya, lanjut dia, tentang kerjasama melalui sektor pendidikan dengan melibatkan sekolah-sekolah, sosial, ilmu pengetahuan dan teknologi, kebudayaan serta pariwisata. 

"Selanjutnya ada pengkajian, itu seperti mengenai koleksi, tata cara pengelolaa Museum, pengunjung, dan program yang terus diadakan Museum agar mengundang minat masyarakat agar mau datang ke Museum, " jelasnya.

Disamping itu, Cahyo juga menerangkan, dengan kegiatan ini bisa memberikan pemahaman dan pembekalan bagi pengelola Museum, penggiat budaya, komunitas agar bisa memahami bagaimana mengelola Cagar budaya, inventarisasi dan cara memamerkan didalam museum. 

"Mengingat saat di Muba telah dibangun Museum, sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan bisa memahami tugas fungsi mulai dari penataan, alur pengunjung, dan penyajian sesuai rambu-rambu pengunjung, " imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Muba, Iskandar Syahrianto menambahkan, dengan memberikan pelatihan ini yang mana narasumber langsung dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel serta Kepala UPTD Museum Sumsel, bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan bagaimana cara pengelolaan Museum Penghulu Muhammad Soleh agar bisa optimal sehingga mengundang partisipasinya masyarakat agar mencintai Museum. 

"Selain itu, tentu mengajak masyarakat agar ingin menghibahkan benda-benda bersejarah yang ada di tangan warga, " tandasnya. MUH

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: