Honda

Kodim 0406 Lubuklinggau Launching Kampung Pancasila

Kodim 0406 Lubuklinggau Launching Kampung Pancasila

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Kodim 0406 Lubuklinggau melaunching Desa G1 Mataram, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan sebagai Kampung Pancasila, Kamis (14/7/2022).

Launching Kampung Pancasila tersebut dilakukan oleh Komandan Kodim 0406 Lubuklinggau, Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyono bersama Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud. 

“Terpilihnya Desa G1 Mataram sebagai Kampung Pancasila karena masyarakatnya majemuk, baik suku dan agama, budaya, maupun sosial. Sehingga G1 Mataram dipilih sebagai Kampung Pancasila,” ujar Dandim.

Tujuannya adalah untuk menanamkan kembali secara dini, nilai-nilai Pancasila. Sehingga tercipta masyarakat yang saling menghormati, saling menghargai, saling toleransi. "Yang akhirnya tercipta kerukunan antar masyarakat," katanya. 

BACA JUGA:450 Siswa SMKN 3 Lubuklinggau Ikuti MPLS

Menurut Dandim, G1 Mataram desa pertama yang dibentuk Kampung Pancasila. Kampung ini diharapkan menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di wilayah Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara. 

“Kita akan terus membangun atau membentuk Kampung Pancasila di seluruh wilayah Kodim 0406 Lubuklinggau," ungkapnya.

Kedepan di Kampung Pancasila, akan lakukan beragam kegiatan baik secara fisik maupun non fisik.

Misalnya karya bakti, gotong royong secara bersama-sama. Non fisik bisa berupa pendidikan yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila," tambahnya. 

Sebelum dilaunching, di Kampung Pancasila telah menggelar lomba mural atau grafity, yang pesertanya pemuda di Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara. 

"Kita juga  membuat flim pendek yang menceritakan kehidupan warga Desa G1 Mataram. Ini untuk menebarkan nilai pancasila kepada masyarakat luas," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: