Honda

Hakim PN Muara Enim ‘Sidang Lapangan’ Sengketa Lahan PTPN VII

 Hakim PN Muara Enim ‘Sidang Lapangan’ Sengketa Lahan PTPN VII

MUARA ENIM, PALPRES.COM  – Rasa haru dirasakan keluarga Helmiyati (55), saat rombongan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Muara Enim, yang diketuai Selly Noverianti SH bersama hakim anggota Sera Riki SH dan Dewi Yanti SH, datang dan memimpin sidang Pemeriksaan Setempat (PS) di lokasi sengketa lahan di Pematang Senuling, Desa Pagar Dewa, Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim, Jumat sore, 15 Juli 2022.

Bagaimana tidak, setelah puluhan tahun dari tahun 2000 an, dia bersama suaminya, Arjonadi alias Jon Lemi, memperjuangkan hak tanah mereka seluas sekitar 15 hektar yang diduga diserobot dan dikuasai oleh perusahaan perkebunan plat merah PTPN 7 Beringin – Lubai dari awal pembukaan tanaman perkebunan.

Dalam sidang lapangan itu, akhirnya bisa mereka buktikan dan menunjukkan setiap batas lahan yang merupakan pemberian hibah dari orang tua Helmiyati.

“Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Maha Yang Kuasa, hari ini bisa menunjukkan batas-batas tanah kami, semoga Allah mengabulkan doa kami, dan menggerakan hati majelis hakim untuk memutuskan dengan kebenaran dan sesuai fakta di lapangan,” ujar ibu anak 9 ini usai mengikuti sidang PS bersama suami dan keluarganya.

BACA JUGA:Sengketa Lahan Kgs Nanung, Ahli Waris Menduga LH Buat Keterangan Palsu

Dikatakan Helmiyati, belasan hektar tanah orang tuanya, yakni Kornati diketahui diduga sudah dikuasai dan ditanami pihak PTPN 7 Beringin, setelah dia bersama suaminya kembali memutuskan untuk pulang ke desanya dan berencana bercocok tanam (berkebun, red), usai sempat menetap di daerah Beringin setelah menikah.

“Setelah tahu tanah kami diambil, suami saya berapa kali minta tolong dan minta tanah itu dikembalikan, sudah ke mana-mana, ke Camat, kantor Bupati sampai Gubernur, bahkan sudah ke Ombusman di Palembang, juga ke kantor pusat PTPN di Lampung, semuanya sudah, hingga sampai ke pengadilan sekarang,” ucap Helmiyati dengan mata berkaca-kaca.

Namun usaha itu, lanjut Helmiyati, tidak ditanggapi pihak PTPN VII Beringin. 

Namun perusahaan perkebunan tanaman karet itu, malah meminta suami Helmiyati menyelesaikannya lewat proses pengadilan (saat ini).

BACA JUGA:Sidang Kasus Dugaan Korupsi Disdik Mura Temui Fakta Baru

Tak sampai di situ, perusahaan perkebunan yang selama berdiri kerap diwarnai aksi demo dan gejolak di tengah masyarakat yang menuntut lahan mereka ini terkesan diam dan tutup mata. 

Bahkan, ketika hendak dikonfirmasi wartawan media SMSI Group sebelum dibukanya sidang perkara perdata nomor: 7/Pdt.G/2022/PN Mre, dengan agenda Pemeriksaan Setempat (PS) oleh ketua Majelis Hakim di halaman kantor Camat Lubai Ulu, salah satu perwakilan PTPN VII Beringin memilih tidak memberikan komentar.

“No Comments,” ucapnya singkat.

Sementara dari pantauan, usai dibuka Majelis Hakim untuk umum, sidang sengketa lahan di area perkebunan PTPN VII Beringin yang dihadiri Camat Lubai Ulu, Wen WP ini, dilanjutkan dengan pemeriksaan objek sengketa di lokasi dengan mendapat pengawalan dari petugas keamanan Polsek dan Koramil Lubai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: smsi