Honda

Lahat Daerah Penyumbang Asap Nomor 3 di Sumsel, Terdeteksi 355 Hotspot

Lahat Daerah Penyumbang Asap Nomor 3 di Sumsel, Terdeteksi 355 Hotspot

LAHAT, PALPRES.COM- Kabupaten Lahat menjadi penyumbang asap nomor tiga setelah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Musi Banyuasin (Muba), dengan jumlah hotspot (titik api, red) mencapai 355.

“Untuk itulah, pada 2022 ini harus diturunkan, oleh sebab itulah, peran serta stakeholder dan kepala desa (Kades) serta camat sangat dibutuhkan," ungkap Cik Ujang, Bupati Lahat, (18/7/2022).

Dirinya menambahkan, untuk mengatasinya diperlukan Penanggulangan dengan mempersiapkan perlengkapan peralatan pemadam kebakaran.

"Selain itu, personil dan cadangan suplai air atau Embong supaya tidak terjadi kebakaran, agar mudah diatasi dan didapatkan sumber air di lokasi," tandas Cik Ujang.

BACA JUGA:Kodim 0405/Lahat Sulap Lahan 5,5 Hektar Jadi Kebun Jagung

Sementara itu, Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP mengemukakan, sekecil apapun titik api yang terjadi, maka secara otomatis langsung terpantau oleh satelit.

"Agar kiranya kepada masyarakat, yang ingin membuka lahan kebun baru, secara bijak dilakukan mereka, sehingga tidak menimbulkan permasalahan adanya titik api," jelasnya.

Dirinya berharap, seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Lahat, terus bergerak menyisir hutan-hutan ada di 24 kecamatan, sehingga dapat diantisipasi sejak dini.

"Kerjasama dan kekompakan, baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, Forkompimda, Kecamatan, Kades, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan warga bisa sama-sama menjaga supaya hutan kita tidak terbakar,” pungkas Toni Oki Priyono. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: