Honda

Sering Byarpet, Terbantu Lampu Tenaga Surya

Sering Byarpet, Terbantu Lampu Tenaga Surya

LAHAT, PALPRES.COM- Seringnya bayar pet (mati lampu, red) di Desa Padang Gumay, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, membuat Pemerintah Desa (Pemdes) mengadakan 12 lampu jalan bertenaga surya, untuk menerangi akses jalan desa maupun pemukiman penduduk.

Lili Trianti salah satu warga membenarkan, masyarakat sangat terbantu sekali dengan adanya lampu penerangan bertenaga surya ini, sebab, di desa ini sering mati lampu apabila malam hari.

"Lampu penerangan sudah ada, akan tetapi masih kurang, nah, oleh Pemdes Padang Gumay diadakan lagi sebanyak 12 unit, supaya jalan desa dan pemukiman benar-benar terang benerang," jelasnya, Selasa (19/7/2022).

Sementara itu, Pejabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Padang Gumay, Muhammad Abduh SE MM mengatakan, bahwasanya 12 lampu tersebut akan dipasang dititik yang memang membutuhkan penerangan, sehingga ketika malam hari aktifitas masyarakat tidak terganggu.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel dan Bupati Lahat Bekarang Ikan di Tanjung Raya

"Sudah ada lampu tenaga Surya, tetapi, oleh warga dirasakan belum cukup, makanya kita adakan melalui musyawarah desa (Musdes) Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) 2022," ulasnya.

Dirinya menambahkan, ke 12 lampu tersebut tinggal menunggu pemasangan saja, sehingga tidak ada lagi spot-spot di desa belum terang.

"Dan pihak kecamatan pun melakukan monitoring dan evaluasi (Monev), untuk melihat fisik dan sekaligus kelengkapan administrasinya," tukas Muhammad Abduh.

Terpisah, Camat Gumay Ulu, Tarmidi menyebutkan, monev ini tidak lain untuk memeriksa apakah barang hasil kesepakatan dalam Musdes fisik sudah terealisasi.

"Sebab, hasil Monev ini sebagai rujukan salah satu syarat pencairan dana desa (DD) tahap 2, makanya kita turun untuk melihat langsung di lapangan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: