Honda

Peserta Antusias Daftar Magang Kerja ke Jepang

Peserta Antusias Daftar Magang Kerja ke Jepang

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Antusias masyarakat usia kerja di Kota Lubuklinggau untuk magang ke Jepang cukup tinggi. Program dari Kementerian Tenaga Kerja sudah membuka pendaftaran peserta pada Kamis (21/7/2022).

"Hingga Kamis siang, sudah 12 orang daftar ke sini," kata Kepala Disnaker Kota Lubuklinggau, Tamri.

Dijelaskannya, pendaftaran dibuka mulai 21 Juli sampai 5 Agustus 2022 untuk usia kerja 18 sampai 26 tahun. Selanjutnya dilakukan seleksi. Namun lebih dulu mereka akan mengikuti tes persiapan seleksi yang dilaksanakan pada 8 - 12 Agustus.

BACA JUGA:12 Dokter Magang di OKU Timur

"Kalau sudah dilatih, nanti baru daftar ke Kemenaker. Baru Kemenaker mengadakan seleksinya," ujarnya.

Mereka yang ikut untuk magang pergi ke Jepang akan ditempatkan magang di bidang teknik dan kesehatan. Adapun gaji yang ditawarkan mulai Rp12 juta sampai Rp18 juta. 

"Rata-rata mereka yang mendaftar memang belum ada kerjaan. Kebetulan ada kesempatan menarik. Apalagi gaji yang ditawarkan Rp12 juta sampai Rp18 juta," bebernya.

Sementara itu, di samping program magang, pihak Kemenaker juga membuka program Tenaga Kerja Mandiri Pemula. Dan dibuka untuk sebanyak-banyaknya.

"Jadi orang usia kerja yang tidak ada kerjaan, dia mau buat kerjaan, berkumpul. Jadi buat kelompok terdiri dari 10 orang. Kelompoknya diketahui oleh kelurahannya, penduduk kelurahan itu," bebernya.

BACA JUGA:Berikan Kesempatan Magang Untuk Mahasiswa, Gojek Kerjasama Dengan Universitas Muhammadiyah Palembang

Pihak Disnaker Lubuklinggau nanti akan mengusulkan kelompok tersebut untuk mendapat bantuan dari Kemenaker. Kalau lolos seleksi, kelompok tersebut akan mendapat bantuan sekitar Rp20 juta yang dipakai untuk membuat usaha.

"Nanti uangnya tidak masuk ke kami, ke kelompok. Kami hanya mengecek uang dibelikan kemana," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: