Honda

Pliss, Jangan Telat Makan Siang Ya. Efeknya Jelek Loh

Pliss, Jangan Telat Makan Siang Ya. Efeknya Jelek Loh

Ilustrasi makan siang-Istimewa-Jawapos.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kebiasaan menunda makan siang memberikan efek buruk terhadap kondisi tubuh. Beberapa diantaranya bahkan mengalami penyakit maag jika secara terus menerus menunda makan.

Dikutip dari laman aladokter, kebiasaan menunda makan siang bisa mengakibatkan penurunan kadar gula darah ataupun sakit maag.

Sementara gula darah sendiri merupakan energi utama tubuh dalam beraktivitas.

dr Budiono menjelaskan, keterlambatan makan siang bisa menimbulkan rasa mual dan pusing. Kondisi ini diakibatkan karena di dalam tubuh terjadi penurunan kadar gula darah.

BACA JUGA:Bahaya Makan Siang Sambil Bekerja Bagi Tubuh

“Bila terjadi penurunan gula darah bisa menimbulkan rasa lelah, pusing, pucat, gemetar, berkeringat, merasa lapar, jantung berdebar-debar dan lainnya,” kata dr. Budiono.

Sedangkan sakit maag merupakan kondisi rasa tidak nyaman atau nyeri yang berkaitan dengan lambung atau usus halus. Kondisi ini dapat disertai dengan perubahan pola makan, mual, muntah, kembung, perubahan pola buang air besar, diare, dsb.

“Sebaiknya Anda memperbaiki pola makan Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obatan. Makanlah secara rutin dan teratur dengan jumlah yang tidak berlebihan dan tidak mengkonsumsi makanan-minuman yang dapat mengiritasi saluran cerna sepeti makanan asam, pedas, bersantan, dsb,” jelasnya.

Bila keluhan tersebut berlanjut setelah melakukan penanganan awal, sambung dr. Budiono, Anda dapat mengkonsumsi antasida sesuai anjuran pemakaian dan segera periksakan diri Anda kedokter untuk memastikan penyebab keluhan Anda agar mendapat penanganan yang tepat karena selain sakit maag dan hipoglikemi, kondisi ini juga dapat dicetuskan kondisi medis lain seperti infeksi saluran cerna ataupun sindrom iritasi usus.

BACA JUGA:Tetap Kompak, Manager Iklan Palpres Jamu Makan Siang

“Lakukanlah pengobatan sesuai anjuran dokter Anda dan konsultasikan setiap keluhan yang Anda alami selama menjalankan pengobatan agar kondisi Anda benar-benar sembuh,” sarannya.

Artikel ini sudah tayang di laman alodokter.com dengan judul “Mual dan pusing saat telat makan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aladokter