Honda

Kilang Pertamina Plaju Bersama Masyarakat Ubah Limbah Tempe Jadi Berkah

Kilang Pertamina Plaju Bersama Masyarakat Ubah Limbah Tempe Jadi Berkah

Kilang Pertamina Plaju berhasil menyabet penghargaan kategori Gold di ajang E2S Proving League 2022 pada kategori Impact on Environment--Dok Kilang Pertamina Plaju

PALEMBANG, PALPRES.COM- Jalan Asia, Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju kini tampak ciamik. Di pemukiman yang menjadi sentra produksi tempe tertua di Kota Palembang ini, dulunya tak lepas dari berbagai masalah sosial yang dihadapi masyarakatnya, yang menciptakan jurang pemisah antara masyarakat yang memproduksi tempe dan yang berprofesi lain.

Dulu, penumpukan sampah padat tempe di pemukiman ini mencapai 54 ton/tahun. Bau aroma tak sedap menyeruak berkat pencemaran drainase oleh limbah industri tempe, yang limbah cairnya mencapai hingga 7 juta liter/tahun.

Isu higienitas selama proses pembuatan pun tak lepas dari perhatian. Kampung penduduk yang padat, dan minimnya lahan terbuka hijau, berdampak pada kurang maksimalnya produksi yang juga berdampak pada menurunnya penghasilan.

Namun, di kampung itu ada Pak Junaidi (42), sosok local hero yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Bersama para perajin lainnya, Junaidi aktif menggerakkan paguyuban tempe.

BACA JUGA:Jagung Hanya Dihargai Rp3.900 perkilo, Petani: Untung Kami Sangat Kecil!

Pria kelahiran Palembang, 3 Desember 1973 ini sejak lahir sudah besar dan menetap di Jalan Asia, RT 06/RW 02, Kelurahan Plaju, dan kini memimpin RT tempat ia tinggal.

“Selama ini, perajin kami hanya memikirkan bagaimana cara memproduksi tempe dan berjualan, mana terpikir oleh kami soal lingkungan yang kena limbah pemrosesan tempe,” begitu ujarnya.

Pada 2021 lalu, isu lingkungan ini mengundang PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) yang tak jauh dari kampung tempe itu.

Lewat Program Corporate Social Responsibility (CSR) Kampung Pangan Inovatif, Kilang Pertamina Plaju menggandeng Pak Junaidi, untuk memberikan contoh dengan pemasangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Ia juga mengajak masyarakat merevitalisasi saluran air/drainase, serta menggelar kampanye pemilahan sampah.

Kesan kampung tempe di Jalan Asia yang dulu terkenal amat kumuh, bersama sentuhan Kilang Pertamina Plaju yang menggandeng Pak Junaidi sebagai local hero, perlahan berubah. 

Lurah Plaju Ulu, Davy Anggreana, mengaku sangat terbantu dengan peran proaktif Pak Junaidi dalam menyolek kampung tempe.

“Kampung tempe itu dulunya sangat kumuh, apalagi warganya sibuk dan individualis. Saya sangat terbantu untuk masuk dan membangun warga dengan adanya Pak Junaidi di Kelurahan Plaju Ulu,” kata Davy.

Lewat Kampung Pangan Inovatif yang memberdayakan Pak Junaidi sebagai Local Hero, Kilang Pertamina Plaju berhasil menyabet penghargaan kategori Gold di ajang E2S Proving League 2022 pada kategori Impact on Environment Program yang digelar Energy & Mining Editor Society (E2S) bertajuk CSR Collaborations : Building Community Resilience and Local Livelihoods Generation, yang diikuti belasan perusahaan di seluruh Indonesia.

Chairman E2S Dudi Rahman menjelaskan acara proving league merupakan tahun kedua yang diselenggarakan oleh E2S. Proving League dilaksanakan sebagai bentuk komitmen E2S dalam mendukung penyebaran informasi tentang pencapaian prover dan mendukung formulasi pengetahuan dalam manajemen pengelolaan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: