Honda

Tips Jitu Hadapi Orang Gangguan Jiwa di Tempat Umum

Tips Jitu Hadapi Orang Gangguan Jiwa di Tempat Umum

Ilustrasi, Dinsos Muratara merilis per Januari 2022 ada sebanyak 15 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) akibat mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu.-Hengki Pransis-Palpres.com

BACA JUGA:6 Cara Mengendalikan Emosi Saat Marah, Nomor 2 Bisa Diterapkan

Lakukan apa yang biasanya kamu lakukan pada ODGJ. Sebab, menunjukkan perilaku yang berbeda justru dapat membuat mereka merasa lebih terisolasi. Jangan takut untuk menawarkan kebaikan dan ruang untuk berbicara, baik melalui telepon, pesan atau secara langsung.

5. Tawarkan Waktu untuk Mendengarkan

Mendengarkan adalah suatu keterampilan penting yang sayangnya tidak dimiliki oleh semua orang. Kamu bisa mengajukan pertanyaan terbuka yang dimulai dengan “bagaimana”, “apa”, “di mana” atau “kapan”. Ini dapat membantu orang dengan gangguan jiwa membuka diri dan bercerita kepadamu.

6. Tawarkan Bantuan

BACA JUGA:Work Life Balance Bisa Buat Kamu Bahagia, Simak Ini!

Bantuan kecil, seperti menawarkan untuk berbelanja atau menemani mereka bertemu dengan psikolog, menjadi bentuk tindakan yang sangat berarti untuk pengidap masalah kesehatan mental. Namun, tidak semua bisa menerima bantuan, jadi sebaiknya kamu mencari tindakan bantuan apa yang tepat.

7. Sabar

Kamu tidak akan selalu tahu bagaimana cerita lengkapnya. Mungkin ada alasan mengapa ODGJ merasa kesulitan untuk meminta bantuan. Jadi, sebaiknya kamu tidak terburu-buru dan bersabar hingga mereka akhirnya berani untuk bercerita.

8. Perhatikan Diri Sendiri

BACA JUGA:Akibat Konsumsi Sabu-sabu, 15 Warga Muratara Jadi ODGJ

Mendengar seseorang yang kamu sayangi menghadapi masalah atau kesusahan pastinya bisa membuat kamu sedih. Oleh karena itu, berbaik hatilah pada diri sendiri dan luangkan waktu untuk bersantai, atau melakukan sesuatu yang kamu sukai.

Pentingnya Dukungan Orang Terdekat

Kamu bisa merasa cemas karena tidak tahu bagaimana cara terbaik untuk membantu. Atau, ada perasaan takut akan mengatakan sesuatu yang salah dan membuat keadaan menjadi lebih buruk.

Namun, ketahuilah bahwa hal-hal kecil yang positif yang kamu katakan atau lakukan, dapat membuat perbedaan besar bagi seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc