Citra Land Palembang

Tips Atasi Anak Suka Mengadu, Cari Akar Masalahnya

Tips Atasi Anak Suka Mengadu, Cari Akar Masalahnya

Ilustrasi --

PALEMBANG, PALPRES.COM - Bagi sebagian Anda mungkin menemui anak yang suka mengadu kepada orang tua atau orang yang lebih dewasa.

Bila Anda pada posisi lebih dewasa, jangan langsung percaya dengan anak yang sudah mengadu.

Dalam sebuah artikel yang dirilis klikdokter.com, kebiasaan mengadu muncul karena anak merasa dalam posisi yang lemah dan membutuhkan pertolongan dari orang yang lebih tua. Hal ini memiliki sisi positif dan negatif.

Dilihat dari sisi positifnya, anak yang sering mengadu kepada Anda berarti ia merasa dekat dan nyaman berkomunikasi dengan Anda.

BACA JUGA:Apa Benar Kebanyakan Main Gadget Picu Mata Juling pada Anak?

Karena anak hanya akan mengadu kepada orang yang ia percayai. Selain itu, ia yakin bahwa Anda dianggap dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya.

Namun sisi negatifnya, anak yang biasa mengadu akan terhambat perkembangan rasa percaya diri dan keberaniannya.

Ia tidak dapat belajar bagaimana cara menyelesaikan masalahnya sendiri. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak yang suka mengadu?

Cara Mengatasi Anak yang Suka Mengadu

BACA JUGA:Sharp Greenerator Ajak Anak Citayam Fashion Week Lakukan Aksi Nyata Peduli Lingkungan

Jika kebiasaan anak ini berlanjut hingga dewasa, ada dampak buruk yang perlu diperhatikan Terlebih jika anak Anda sudah memasuki sekolah maupun pekerjaan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menerapkan kiat-kiat di bawah ini dalam menghadapi anak yang suka mengadu:

1. Dengarkan dengan Saksama dan Berikan Empati kepada Anak

Mendengarkan pengaduan anak dan berempati kepadanya menunjukkan perhatian Anda kepada anak. Hal ini dapat memupuk kedekatan antara orang tua dan anak. Menunjukkan sikap marah atau cuek saat anak mengadu bukanlah cara yang baik dalam menghadapi anak yang suka ngadu.

Jangan langsung meledak-ledak apalagi menghukum anak. Tetaplah tenang dan tunjukkan bahwa Anda peduli dengannya.

Sumber: klikdokter.com