Honda

Tips Atasi Anak Suka Mengadu, Cari Akar Masalahnya

Tips Atasi Anak Suka Mengadu, Cari Akar Masalahnya

Ilustrasi --

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mata agar Sehat hingga Tua

Sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui lingkaran pertemanan si Kecil. Anda bisa menjalin hubungan dengan guru di sekolah, teman-temannya, dan orang tua dari teman-temannya.

Dengan terjalinnya hubungan yang baik, memungkinkan Anda untuk bisa menilai kemampuan interaksi si Kecil dengan yang lain, dan memastikan kebenaran aduan yang mungkin dilontarkan.

7. Ajarkan si Kecil untuk Bercerita, Bukan Mengadu

Kebiasaan mengadu bisa didapat dari lingkungan keluarga. Pertanyaan seperti “Bagaimana sekolah tadi, ada yang nakal sama kamu tidak?” membuat si Kecil terbiasa harus melaporkan sesuatu dan secara tidak langsung melakukan aduan, baik hal yang negatif maupun positif.

BACA JUGA:Lawan Hoaks Kesehatan, Halodoc dan TikTok Hadirkan Konten Edukasi #InfoKesehatan

Lebih baik, Anda membantu si Kecil untuk bercerita hal-hal yang positif terlebih dahulu dibandingkan hal-hal yang buruk.

Misalnya saat berkumpul bersama, berikan kesempatan si Kecil untuk bercerita hal yang menyenangkan atau apa yang dilakukan sepanjang hari. Anda sebagai orang tua bisa mengambil peran untuk menanggapi dan memberikan pujian apabila ia melakukan hal yang benar.

Dengan menerapkan cara-cara tersebut, Anda tetap dapat membina kedekatan dengan anak serta melatih pola berpikirnya dalam menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan anak suka mengadu perlahan akan berkurang.

Namun, apabila aduan si Kecil berisiko membahayakan, sebaiknya libatkan psikolog anak atau psikiater untuk penanganan lebih lanjut agar terhindar dari trauma atau hal-hal yang tak diinginkan lainnya.

BACA JUGA:Tips Jitu Hadapi Orang Gangguan Jiwa di Tempat Umum

Artikel ini sudah tayang di klikdokter.com dengan judul "Kiat Menghadapi Anak Suka Mengadu"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: klikdokter.com