Citra Land Palembang

Jelang HUT Kemerdekaan RI, Pedagang Pernak Pernik Agustusan Menjamur

Jelang HUT Kemerdekaan RI, Pedagang Pernak Pernik Agustusan Menjamur

Dodi, pedagang pernak pernik Agustusan bersama istrinya menanti pembeli, Jumat (5/8/2022).-Deni Pradana-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM – Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022 dipastikan berlangsung lebih meriah, lantaran pemerintah memberikan kelonggaran beraktivitas bagi masyarakat. 

Selama dua tahun terakhir, perayaan HUT kemerdekaan RI berlangsung sederhana gara-gara pandemi Covid-19. Namun, seiring melandainya kasus, pemerintah memberikan kelonggaran beraktivitas di luar rumah kepada warga.  

Artinya, akan ada perayaan meriah Agustusan. Pedagang pernak-pernik kemerdekaan RI pun mulai menjamur. Seperti umbul-umbul, bendera merah putih berbagai ukuran, mulai dari kecil, sedang, dan besar. Termasuk bambu yang menjadi tiang bendera. 

"Kami menyediakan berbagai macam pernak pernik bendera. Mulai dari kecil, sedang, hingga besar. Pun dengan umbul-umbul dan bambu," ujar Dodi, pedagang bendera yang mangkal di depan Kantor Dinas Pariwisata Lahat, Sabtu (6/8/2022).

Menurut dia, berjualan bendera rutin dilakukannya setiap tahun. Barang yang dijualnya ini didatangkan dari sentra pengrajin di luar kota.

"Sekarang penjual lumayan ramai karena perayaan 17 Agustusan sudah diperbolehkan," ucapnya.

Sementara itu, Rini, konsumen, menyambut HUT kemerdekaan RI ke- 77.

"Kurang afdol apabila tidak memasang bendera atau umbul-umbul di depan rumah kalau Agustusan seperti sekarang," jelasnya.

Dirinya berharap, dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia yang menginjak 77 tahun, negeri ini lebih maju dan berjaya. Masyarakatnya lebih makmur dan hidup tenteram.

"Sesuai slogannya, ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’," pungkasnya. (*)

 

Sumber: