Citra Land Palembang

SMPN Durian Remuk Juara Main Yeye Karet

SMPN Durian Remuk Juara Main Yeye Karet

Siswi dari SMPN Durian Remuk, Engla Ayu Wulandari berhasil juara lomba main Yeye Karet yang diselenggarakan Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya di Kota Lubuklinggau, Sabtu (06/08/2022).-Foto: Zulkarnain/palpres.com-Palpres.com

MURA PALPRES.COM - Peserta dari SMPN Durian Remuk, Engla Ayu Wulandari berhasil meraih juara main yeye karet di Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya di Kota Lubuklinggau, Sabtu (06/08/2022).

Engla berhasil meraih juara setelah menyingkirkan 51 peserta putri lainnya baik di tingkat SMP maupun SMA.

Engla mengaku bahagia bisa menjadi juara pertama dalam permainan yeye karet.

"Senang biso menang dan setengah idak yakin karena peserta yang lain jugo hebat mainnyo," akunya.

BACA JUGA:Pekan Adat dan Sriwijaya Travel Fair 2022 Resmi Dibuka

Siswi Kelas VII ini menaruh pesan kepada anak-anak seusianya yang masih sibuk bermain Gadget seperti game online dan media sosial lainnya.

"Untuk kawan kawan yang lain dari pada main HP dan main game online, enak kito lestarikan permainan tradisional selain biso melestarikan permainan tradisional jugo lebih seru dari pada main game online," ucapnya.

Seperti diketahui, Engla mengikuti salah satu perlombaan tradisional dan tarian tradisional di Museum Subkoss Lubuklinggau.

Lomba yang diikuti ratusan siswa dari berbagai daerah di Sumatera Selatan ini mengusung tema Akulah Sriwijaya.

BACA JUGA:Yuk Ikuti Lomba Mendongeng Koleksi Museum Negeri Sumsel

Ada berbagai permainan tradisional yang dimainkan seperti congklak, bakiak, enggrang batok, congklak, balap ban, yeye karet, cak engkleng dan gobak sodor.

Para peserta sendiri dari tingkat SMP dan SMA sederat ini berasal dari berbagai sekolah di Kota  Lubuklinggau, Musirawas dan Musirawas Utara.

Khusus lomba tari kreasi tradisional sendiri diikuti 18 sanggar berasal dari Lubuklinggau, Musi Rawas, Muratara, Muba, OkU Selatan, Empat Lawang dan Lahat.

Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel, H. Chandra Amparyadi melalui Kepala Unit Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya, Eva Kusmalwati mengungkapkan, lomba ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini.

Sumber: