Honda

Pemkab OI Target UHC Tercapai Tahun Ini

Pemkab OI Target UHC Tercapai Tahun Ini

Sekretaris Daerah Ogan Ilir H Muhsin Abdullah memimpin rapat dalam rangka Progress Capaian UHC Ogan Ilir dengan pemangku kepentingan utama BPJS Kesehatan di Ruang Rapat Utama Kompleks Perkantoran Tanjung Senai.-Widjan-palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM - Sekretaris Daerah Ogan Ilir H Muhsin Abdullah memimpin rapat dalam rangka Progres Capaian UHC Ogan Ilir dengan pemangku kepentingan utama BPJS Kesehatan di Ruang Rapat Utama Kompleks Perkantoran Tanjung Senai Ogan Ilir.

UHC atau Universal health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta adalah sistem perawatan dan pelayanan kesehatan, yang menjamin semua penduduk di suatu negara atau wilayah tertentu memiliki akses untuk mendapatkan layanan kesehatan. 

Dari hasil rapat sebelumnya, Kabupaten Ogan Ilir telah mencapai 89.17 persen dari total seluruh masyarakat Kabupaten Ogan Ilir yang telah terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. 

Saat rapat hari ini, Senin (8/8/2022), Kabupaten Ogan Ilir telah mencapai sebanyak 90,11 persen data yang telah masuk. Untuk bisa mencapai UHC, paling tidak harus mencapai 95 persen.

Sekda Ogan Ilir H Muhsin Abdullah menyampaikan bahwa dengan adanya audiensi bersama pemangku BPJS Kesehatan diharapkan dapat meningkatkan progres pencapaian UHC di Kabupaten Ogan Ilir. "Tentunya untuk mencapai ini perlu kerjasama kita semuanya," ujarnya.

Sekda menjelaskan, Pemerintah Daerah sangat mendukung program BPJS Kesehatan ini, untuk mencapai 100 persen atau UHC minimal 95%.

"Untuk mencapai ini, awalnya yang dibutuhkan adalah data dan informasi, untuk ini lah peran kita semua terutama pihak informasi yang dari bawah dari kepala desa dan sumber yang ada di desa," katanya.

Sekda mengajak setiap kepala perangkat daerah terkait dan pemangku kepentingan utama BPJS Kesehatan agar lebih serius terkait pencapaian UHC.

"Ini harus menjadi kewajiban untuk menjadikan UHC baik dalam sajian data, informasi maupun kebijakan-kebijakan di lapangan. Termasuk program-program dari dinas terkait agar mengacu tercapainya target ini," tukasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: