Honda

Ini Kecamatan Rawan Karhutla di Kabupaten OKU?

Ini Kecamatan Rawan Karhutla di Kabupaten OKU?

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU, Amzar Kristopa--Foto: Yenson Palpres.com

OKU, PALPRES. COM - Tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), masuk dalam daftar daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU, Amzar Kristopa mengatakan, bahwa pihaknya telah memetakan tiga kecamatan di Kabupaten OKU yang termasuk daerah rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau.

"Ada tiga kecamatan yang rawan Karhutla yakni Kecamatan Baturaja Timur, Baturaja Barat dan Pengandonan, " katanya. 

Lalu, di saerah-daerah ini rawan terjadi bencana Karhutla karena masih banyak terdapat hutan dan semak belukar yang mudah terbakar. 

Guna mengantisipasi terjadinya bahaya Karhutla, pihaknya BPBD OKU saat ini telah mendirikan sembilan posko penanggulangan Karhutla agar peristiwa kebakaran hutan dan lahan dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"Posko penanggulangan bencana ini dilengkapi personel dari BPBD OKU dan masyarakat peduli api yang bertugas memantau titik api melalui aplikasi Lapan, SiPongi dan Lancang Kuning selama 24 jam, " jelasnya. 

Selain itu, pihaknya juga telah memasang rambu peringatan bencana alam di daerah rawan karhutla agar masyarakat teredukasi untuk tidak melakukan pembakaran hutan dalam membuka lahan pertanian. YEN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: