Honda

Pemprov Sumsel Sukses Gelar Lomba Bidar, Ini Komentar Sejarawan Palembang

Pemprov Sumsel Sukses Gelar Lomba Bidar, Ini Komentar Sejarawan Palembang

Kemas Ari Panji, Sejarawan Palembang-Dudy Oskandar-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Pelaksanaan lomba perahu bidar sukses dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel).

Lomba tersebut kembali berlangsung, setelah sebelumnya pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tidak menggelar lomba perahu bidar ini dengan alasan tidak ada anggaran.

Dukungan Gubernur Sumsel H Herman Deru yang sukses melaksanakan lomba bidar ini, diapresiasi sejarawan kota Palembang Kemas Ari Panji.

Dia mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih dengan Gubernur Sumsel H Herman Deru  yang telah menghidupkan  kearifan lokal di Palembang, yang secara historis memang mengakar di Palembang yaitu lomba perahu bidar.

BACA JUGA: SMB IV Dukung Upaya Pemerintah Lestarikan Lomba Bidar di Palembang

“Selama dua tahun ini kita maklumi pandemi, tahun kini kenapa kita menghargai Gubernur Sumsel, meskipun tidak dianggarkan di provinsi,  tapi peduli  dan lomba perahu bidar bisa terlaksana oleh  Provinsi.

Ternyata bukan APBD, tapi tanggungjawab sebagai pemimpin dan kemauan.

Kalau ada kemauan, walaupun tidak dianggarkan tapi masih bisa jalan.

Krena Pak Gubernur ada insisiatif, ada kemauan dan memiliki niat baik untuk mengangkat kearifan lokal lomba perahu bidar ini,” katanya, Senin (22/8).

BACA JUGA:Polrestabes Palembang Siagakan 200 Personel Amankan Perlombaan Perahu Bidar

Mengenai tanggal pelaksanaan lomba perahu bidar, menurutnya kedepan bisa dimusyawarahkan lebih lanjut.

“ Pemprov Susmel seharusnya  melibatkan lebih banyak lagi partisipasi masyarakat, terpenting misalnya pelaksanaan lomba perahu bidar disiapkan tiga bulan sebelumnya dan dibuat regulasi.

Kalau kabupaten kota yang memiliki sungai dibuat regulasi atau peraturan untuk menggelar bidar di tempatnya, soal tanggalnya kita kompromi,” kata dosen UIN Raden Fatah Palembang ini.

Pihaknya juga menyayangkan pihak Kota Palembang tahun ini tidak aktif atau bersifat pasif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com