Honda

Gempa di Bengkulu Masuk Situs Volcano Discovery

Gempa di Bengkulu Masuk Situs Volcano Discovery

tampilan situs Volcano Discovery yang menginformasikan gempa di bengkulu.-tangkapan layar-volcanodiscovery.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Gempa di bengkulu dengan kekuatan 6,5 magnitudo masuk dalam situs Volcano Discovery.

Situs khusus mencatat gunung berapi dan gempa ini menyebut jika gempa bumi yang terjadi di Bengkulu ini memiliki maginitudo yang kuat.

Pusat gempa di dalam situs tersebut terjadi di 169 km tenggara Bengkulu, Indonesia pada pukul 21.31 WIB, Selasa, 23 Agustus 2022.

Dikutip dari laman volcanodiscovery.com, gempa di Bengkulu dilaporkan oleh Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ).

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Gempa Bengkulu Terasa di Lubuklinggau, Warga Panik

GFZZ sendiri dinilai sebagai salah satu gempa internasional yang memantau aktivitas seismik di seluruh gempa.

Gempa terjadi pada kedalaman dangkal 10 km di bawah episentrum pada petang hari Selasa, 23 Agustus 2022, pukul 21:31 waktu setempat.

Layanan pemantauan di situs tersebut mengidentifikasi laporan kedua dari Réseau National de Surveillance Sismique (RéNaSS) Prancis yang mencantumkan gempa berkekuatan 6,1 SR.

Badan-badan lain yang melaporkan gempa yang sama termasuk Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) pada magnitudo 6,2, dan jaringan seismograf warga RaspberryShake pada magnitudo 6,4.

BACA JUGA:Gempa Bengkulu, Netizen Curhat di Twitter

Warga Lubuklinggau Panik Terasa Guncangan Gempa

Sejumlah warga di Kota Lubuklinggau panik karena tiba-tiba terasa guncangan gempa. Gempa terjadi sekitar pukul 21.33 WIB, Selasa, 23 Agustus 2022.

Dwi Kurniati (36), warga Perumahan Griya Indah, Kelurahan Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau mengaku, awalnya dia tidak menyangka terjadi gempa. Namun dia baru sadar ketika anaknya berteriak gempa.

“Saya sedang tiduran di kamar dengan anak saya, tiba-tiba langsung terasa bergoyang. Awalnya saya tidak percaya, tapi anak saya bilang terjadi gempa," katanya.

BACA JUGA:Diguncang Gempa 6,5 SR, Tidak Ada Kerusakan Berarti di Kaur Bengkulu

Dia beserta suami dan anaknya langsung ke luar rumah. Ternyata warga di sekitar rumah banyak yang membicarakan telah terjadi gempa.

"Tetangga sempat keluar rumah juga dan membicarakan sudah terjadi gempa. Bahkan banyak status WA teman-teman yang mengatakan gempa," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: volcanodiscovery.com