Honda

Habis Panen Buah Durian Terbitlah Duku

Habis Panen Buah Durian Terbitlah Duku

Buah duku asal Desa Jagabaya, Kecamatan Kikim Selatan yang mulai dipanen warga-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten LAHAT kaya akan potensi perkebunannya mulai dari kopi, karet, kelapa sawit, buah durian bahkan duku.

Kini, dibeberapa desa yakni, Pagardin, Karang Cahaya, Tanjung Kurung dan Jagabaya buah kuning manis ini sudah banyak ditemui.

Kepala Desa (Kades) Jagabaya, Bambang Heriadi ST membenarkan, bahwa buah duku kini sudah banyak dipanen di kebun masyarakat.

"Ibarat pepatah Habis Buah Durian Terbitlah Duku, karena di empat desa sudah mulai panen kendatipun belum banyak," jelasnya, Ahad, 28 Agustus 2022.

BACA JUGA:Manfaatkan Lahan Belakang Rumah, Kepala Desa ini Hasilkan Ratusan Kilogram Cabai Keriting

Dirinya mengemukakan, tentunya hal ini akan memberikan efek positif, terutama sektor pertanian dan pendapatan masyarakat.

"Alhamdulillah, semuanya bisa menambah pemasukan penduduk atau petani," pungkas Bambang Heriadi.

Senada, Kades Tanjung Kurung, Antoni menerangkan, buah duku di sini tidak kalah dengan daerah lain, dari rasa dan penjualannya sangat bagus.

"Memang mayoritas mata pencaharian penduduk disini juga, bertani dan berkebun, walaupun belum terlampau banyak yang panen, akan tetapi, mereka bisa menikmati dan menjual untuk tambahan keluarga," paparnya.

BACA JUGA:Razia Cafe di Desa Muara Lawai, Ini Rupanya yang Dikejar Tim Gabungan

Dirinya berharap, buah duku di Kecamatan Kikim Selatan ini akan memberikan ikon kedepannya, dan menjadi daerah penghasil.

"Bila perlu, didaulat sebagai kawasan agrowisata mengingat banyak sekali potensi buah-buahan, tinggal mekanismenya untuk merealisasikannya," tandas Antoni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: