Honda

Tingkatkan Minat Baca Anak, Seluruh Desa di Kikim Selatan Miliki Perpustakaan

Tingkatkan Minat Baca Anak, Seluruh Desa di Kikim Selatan Miliki Perpustakaan

Camat Kikim Selatan, Hermansyah HB tengah melihat koleksi buku di Perpustakaan Desa Sirah Pulau.--Istimewa/palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Sebanyak 18 desa yang ada di Kecamatan Kikim Selatan seluruhnya telah memiliki perpustakaan desa, sebagai wadah penunjang minat baca pada anak dalam menopang pembelajaran diluar jam sekolah.

"Alhamdulillah, seluruh desa sudah membuat Perpustakaan sesuai arahan dari Bupati Lahat," kata Camat Kikim Selatan, Hermansyah HB SE, via ponsel, Senin, 29 Agustus 2022.

Hermansyah menuturkan, perpustakaan desa ada yang diletakkan di dalam kantor desa maupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dengan tujuan mereka mampu berkomunikasi dan berinteraksi secara alami.

“Disinilah, peran aktif Pemerintah Desa (Pemdes) dalam menunjang itu semuanya, dengan menyediakan buku-buku pelajaran, komik hingga tata cara menjadi master of ceremony (MC)," jelasnya.

BACA JUGA: PALI Bakal Hibahkan Lahan 100 Hektar Untuk Pendidikan

Dirinya berharap, baik Pemdes, orang tua dan tenaga pengajar ikut maksimalkan perpustakaan desa untuk menambah ilmu serta wawasan mengenai perkembangan teknologi dan informasi penting lainnya.

"Mudah-mudahan, apa yang kita berikan pelayanan kepada masyarakat bermanfaat bagi kita semua," pungkas Hermansyah.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sirah Pulau, Jayus Oktonianta menuturkan, pihaknya terus mendukung sekaligus melengkapi koleksi buku-buku pelajaran yang ada di perpustakaan.

"Hal ini, supaya anak-anak sebagai generasi penerus bangsa tidak ketinggalan dalam hal ilmu pengetahuan dan wawasan yang berkembang saat ini," terangnya.

BACA JUGA: Pembangunan MCK Dimulai, Ini yang Dilakukan Personel Kodim 0405/Lahat

Menurut dia, bahkan, anak-anak PAUD, TK dan Sekolah Dasar (SD), kerapkali mendatangi perpustakaan desa, membaca dan mencari jawaban dari pekerjaan rumah (PR) dari sekolah. 

"Jumlah kunjungan perharinya belum begitu banyak, akan tetapi, hal ini memperlihatkan minat dan kemauan anak-anak cukup signifikan," beber Jayus Oktonianta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: