Honda

Pakai Alat Ini, Tanam Jagung 1 Hektar Hanya Butuh 3 Jam

Pakai Alat Ini, Tanam Jagung 1 Hektar Hanya Butuh 3 Jam

Alat modern tanam jagung yang dilakukan warga Tunas Pracak hanya butuh waktu tiga jam untuk bisa menanam jagung seluas satu hektar. -Arman-Palpres.com

OKU TIMUR, PALPRES.COM- Tanam jagung menggunakan alat modern yang dilakukan oleh warga Tunas Pracak untuk mempercepat Tanam jagung.

Dalam satu hektar yang biasanya bisa sampai satu hari namun dengan menggunakan alat modern ini hanya butuh waktu 3 jam saja dan tidak membutuhkan banyak pekerja.

Dikatakan Taufik (34), warga Tunas Pracak Kecamatan Martapura pemilik alat modern untuk tanam jagung.

“Alat ini digunakan untuk mempermudah pekerjaan dirinya dalam menanam jagung,” ujarnya.

BACA JUGA:Minim Anggaran, Disperindag OKU Timur Tak Bisa Gelar Operasi Pasar

Selain menanam jagung di lahannya sendiri, dirinya juga sering di suruh tetangga sekitar untuk menanam jagung dengan menggunakan alat modern tersebut karena dengan alat tersebut hanya butuh waktu 3 jam saja dalam satu hektar lahan yang akan di tanami jagung.

“Padahal sebelum menggunakan alat tersebut dalam satu hektar itu bisa sampai satu hari bahkan lebih, tentu alat ini sangat mempermudah pekerjaannya dalam menanam jagung,” imbuhnya.

Untuk upah dirinya mematok harga, dari banyaknya jumlah jagung yang akan di tanam.

Dalam 5 kg bibit jagung yang siap tanam dihargai Rp200 ribu. Terlebih hasil dari penanaman jagung dengan menggunakan alat modern ini lebih rapi dan pekerjaannya juga semakin lebih cepat dibandingkan dengan cara manual atau sering di sebut juga alat gejik,” pungkasnya.

Sementara Udin, salah satu petani jagung mengatakan dirinya sering menggunkan jasa penanaman bibit jagung dengan menggunakan alat modern tersebut.

BACA JUGA:Harga Telur Ayam di OKU Meroket

Karena dengan menggunakan alat tersebut penanaman jagung bisa lebih cepat. 

“Selain proses tanam lebih cepat, tanaman jagung saat tumbuh lebih rapi dan tertata,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: