Honda

Dorong Warga OKU Tanam Sayuran di Lahan Pekarangan

Dorong Warga OKU Tanam Sayuran di Lahan Pekarangan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) KabupatenOKU, Supriono-Foto: Yenson Palpres.com-

OKU, PALPRES.COM- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten OKU terus mendorong masyarakat membudidayakan tanaman jenis sayuran dengan sistem hidroponik memanfaatkan halaman pekarangan rumah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU, Supriyono didampingi Kabid Konsumi dan Ketahanan Pangan, Erwin Martawijaya mengatakan, pola budidaya sayuran dengan sistem hidroponik bisa dilakukan di tempat tinggal yang minim atau sempit seperti halnya di halaman pekarangan rumah.

"Berbagai jenis sayuran bisa tumbuh baik dengan budidaya hidroponik, seperti salada, sawi, kangkung, bayam dan lainnya, "ucapnya.

Dia menjelaskan, penanaman dengan sistem hidroponik memiliki banyak keunggulan seperti lebih bersih dan steril karena tidak ada tanah yang berceceran.

"Selain itu bebas dari hama pengganggu tanaman yang sering muncul dari tanah sehingga metode ini cocok diterapkan di lahan sempit dan tidak memerlukan pot besar atau tanah yang luas, " bebernya. 

"Selain itu Kandungan gizinya lebih tinggi karena tidak menggunakan pestisida sehingga produksi tanaman jauh lebih tinggi," katanya lagi. 

Ditambahkannya, pihaknya Dinas Ketahanan Pangan (DKP) OKU siap membantu masyarakat agar dapat membudidayakan tanaman secara baik menggunakan medote hidroponik. YEN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: