Honda

Disperindagkop dan UKM Pagaralam Rutin Monitoring Pasar, Targetnya Berantas Penimbunan Sembako

Disperindagkop dan UKM Pagaralam Rutin Monitoring Pasar, Targetnya Berantas Penimbunan Sembako

Ilustrasi pedagang sembako-Foto: Alhadi Farid/palpres.com-

PAGARALAM, PALPRES.COM -  Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pagaralam secara rutin lakukan pengawasan atau monitoring, serta pemantauan harga kebutuhan bahan pokok di pasaran.

Hal ini untuk mengantisipasi gejolak di masyarakat, terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, dalam hal harga kebutuhan bahan pokok.

“Pengawasan terhadap pergerakan harga bahan pokok, secara rutin tiap hari hingga kini tetap terus dijalankan. Dari pemantauan harian yang kita lakukan ini, secara tidak langsung itu kita bisa melalukan pengecekan stok barang kebutuhan pokok di Pagaralam,” terang Kasi Bina Pasar dan UKM Disperindagkop  Kota Pagar Alam, Endang Diyah.

Ia menambahkan, dari monitoring di lapangan  stok barang bahan kebutuhan pokok stabil, berarti kondisi barangnya ada dan masih aman.

BACA JUGA: Kunjungan Menteri Erick, BNI Amsterdam Tangkap Peluang Pasar Global

Tetapi kalau harga bahan pokok itu melonjak naik, maka akan dicari lebih jauh, apa yang menjadi akar penyebab harga kebutuhan pokok itu mengalami kenaikan.

“Penyelusuran itu kan bisa kita dapati, dengan melakukan penyisiran di tingkat penyalur atau distributor bahan pokok, apakah barang itu ditimbun atau memang barang itu tidak ada sama sekali,” paparnya.

Begitu pula bila barang itu banyak di pasaran, sebutnya, sudah barang tentu harga jual tetap stabil.

“Kalau kita lihat dari kenaikan BBM subsidi, seluruh masyarakat turut terdampak, kendati di kita daya beli masyarakat masih stabil, alhamdulillah untuk di Pagaralam, sejauh ini belum ada gejolak, dengan adanya kenaikan harga BBM subsidi,” jelasnya.

BACA JUGA:Minim Anggaran, Disperindag OKU Timur Tak Bisa Gelar Operasi Pasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: