Honda

Hapus Pertalite dan Pertamax, Ini BBM Yang Disiapkan Pertamina

Hapus Pertalite dan Pertamax, Ini BBM Yang Disiapkan Pertamina

Ilustrasi penjual BBM eceran. Harga Pertalite di tingkat penjual eceran di Kabupaten OKU TIMUR mencapai Rp13Ribu perliter-Dok. Palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM- PT Pertamina berencana akan menyediakan bahan bakar lebih ramah lingkungan. 

Dengan adanya bahan bakar jenis baru ini Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Pertamax akan dihapus. 

Sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M,N dan O yang memuat penyediaan BBM ramah lingkungan. 

Permen tersebut mengatur bahan bakar standar yang digunakan oleh kendaraan bermotor setara dengan Euro 4 yang artinya BBM yang dipasarkan ke masyarakat harus memiliki nilai Research Octane Number (RON) di rentang 95 – 98 atau setara dengan Pertamax Turbo yang dijual di Indonesia

Sementara Pertalite dan Pertamax saat ini memiliki nilai RON 90 dan 92. Dengan demikian bahan bakar jenis ini tidak memenuhi standar yang ditetapkan dalam Permen LHK tersebut. 

Namun jika dihapuskan, saat ini belum ada bahan bakar yang dapat mengganti BBM yang dipasarkan di Indonesia. 

Selain Pertalite, ada lagi BBM Jenis Revvo 89 yang dijual oleh SPBU swasta Vivo dengan nilai RON 89. Itu artinya BBM dengan nilai RON lebih rendah dari Pertalite masih diperbolehkan beredar di Indonesia sekaligus diperdagangkan.

BBM jenis ini kabarnya dibatasi beredar hingga Desember 2022. Kemudian, mulai 2023 Pemerintah akan menerapkan aturan peredaran BBM dengan RON minimal 90. Itu artinya, jika tidak ada perubahan aturan, Pertalite dan Pertamax masih akan ada hingga tahun depan.

Mengacu pada aturan tersebut, maka pemerintah akan resmi menghapus Premium per 1 Januari 2023. Premium adalah BBM dengan nilai RON 89. Saat ini peredaran Premium di SPBU pun semakin berkurang dan terbatas.

Wacana penghapusan BBM jenis Premium dan Pertalite bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya di akhir 2021 dua jenis bahan bakar ini pun diwacanakan bakal ditiadakan.

Namun, jika arutan tersebut diterapkan di Indonesia, harga bahan bakar terbaru ini jauh di atas harga pertalite dan pertamax yang dipasarkan saat ini. 

Pasalnya, berbeda dengan Pertalite dan Pertamax, Pertamax Turbo memang merupakan BBM dengan kualitas yang jauh lebih tinggi dan cocok digunakan untuk mobil dan motor keluaran terbaru.

Tetapi harga BBM jenis ini juga membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak. Per Kamis, 15 September 2022, harga dari Pertamax Turbo di Indonesia mencapai Rp15.900 per liter.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: