Honda

Program Desa Cantik Mampu Membenahi Tata Kelola Data Desa

Program Desa Cantik Mampu Membenahi Tata Kelola Data Desa

Tim BPS bersama Dinkominfo Kabupaten OKU Timur memberikan bimbingan teknis kepada operator Desa Cantik di Desa Tanjung Raya.-Arman Palpres.com-

OKU TIMUR,PALPRES.COM- Pembenahan data di setiap desa sepertinya bakal dilakukan, dengan Desa Cinta Statistik (Cantik).

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKU Timur, Ir. Budiriyanto, MAP  dalam kegiatan Bimbingan Teknis bagi operator Desa Cantik, di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Belitang.

BACA JUGA:Tim Desa Cantik Latih Operator Kecamatan dan Desa

Dia mengatakan, bahwa Desa Tanjung Raya salah satu dari 4 desa yang wajib diberikan pembinaan statistik karena menjadi sampel desa cantik. Sebab keterpilihan desa Tanjung Raya sendiri salah satunya dikarenakan faktor Indeks Desa yang relatif rendah.

 "Diharapkan program desa cantik mampu membenahi tata kelola data di desa sehingga berbagai persoalan dan potensi desa tergambar melalui data, misalnya stunting dan UMKM," katanya.

Menurut hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang IPW Bappeda & Litbang, Tantowi, SE. Beliau menyampaikan bahwa pemerintah daerah membutuhkan data dan laporan yang konkret agar permasalahan di desa dapat sentuhan dari pemerintah daerah. Desa Cantik menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

BACA JUGA:Program Desa Cinta Statistik Membangun Muba Berbasis Data

Kepala Desa Tanjung Raya, Fery Rusidin mengucapkan, terima kasih karena desa mereka mendapat perhatian dari pemerintah. 

"Sebagai desa tertua di Belitang dan desa tempat asal Marga Belitang seharusnya Tanjung Raya kini dapat lebih baik. Beliau menghimbau kepada seluruh perangkat desa untuk bahu membahu memperbaiki tata kelola data desa," jelasnya.

Pembina Desa Cantik BPS OKU Timur, Rillando Maranansha Noor, SE menyampaikan, bahwa program desa cantik ini seharusnya dilakukan secara mandiri oleh desa. 

"BPS hanya berperan sebagai pembina karena yang mengetahui kebutuhan desa adalah desa itu sendiri," tegasnya.

Pembina Desa Cantik yang lain, Fitri Bunga Adelia, SST dalam kesempatan tersebut memaparkan publikasi Tanjung Raya Dalam Angka serta berdiskusi dengan peserta bimtek terkait isian data publikasi tersebut. Turut disajikan menu web Desa Cantik sebagai media informasi digital data desa.MAN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com