Honda

Bawaslu Ogan Ilir Ajak Penyandang Disabilitas Gabung Menjadi Pengawas Pemilu

Bawaslu Ogan Ilir Ajak Penyandang Disabilitas Gabung Menjadi Pengawas Pemilu

Foto bersama disela-sela sosialisasi pengawas pemilu partisipatif bagi penyandang disabilitas, di Kantor Bawaslu Ogan Ilir, Indralaya-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA.PALPRES.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Ogan Ilir membuka peluang selebar-lebarnya kepada penyandang disabilitas. untuk bergabung dan menjadi bagian dari penyelenggara Pengawas Pemilu.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu OI, Darmawan Iskandar didampingi dua Komisioner Bawaslu OI, Idris dan Karlina usai menggelas sosialisasi pengawas pemilu partisipatif bagi penyandang disabilitas, di Kantor Bawaslu Ogan Ilir, Indralaya, Jumat 16 September 2022.

"Ya, kami memberi ruang selebar-lebarnya kepada penyandang disabilitas untuk ikut dan bergabung dalam pengawasan Pemilu. 

Tentu mereka yang memenuhi syarat yang sudah ditetapkan, misal umur, keahlian, lulusan dan lain-lain," ungkapnya.

BACA JUGA:Sinergi dengan Bawaslu, Polres OKU Siap Amankan Pemilu 2024

Darmawan Iskandar menambahkan, pihaknya ditugaskan oleh undang-undang dimana seluruh elemen masyarakat punya kesetaraan dan hak konstitusi termasuk penyandang disabilitas.

"Ini yang harus kita lakukan bahawa semua bisa berperan aktif dalam pengawasan Pemilu dan kesetaran, tanpa membeda-bedakan," tegasnya.

Disinggung tujuan sosialisasi, Darmawan Iskandar menambahkan, punya kewajiban untuk memperhatikan keterwakilan para penyandang disabilitas. 

"Misal bagaimana ketersediaan peralatan untuk disabilitas menggunakan suara suara khusus, dan kita tidak mengurangi hak konstitusi mereka dan memilih secara maksimal," bebernya.

BACA JUGA: Fokus Besarkan Partai Gerindra dan Persiapan Pemilu 2024

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam kesempatan ini pihaknya melakukan sosialisasi dan berharap dapat bekerja sama dengan baik serta mampu mengakomodir keterwakilan para penyandang disabilitas.

"Hari ini kita melakukan sosialisasi agar mereka berperan aktif dalam pengawasan dalam pemilu mendatang, baik legislative, pemilihan kepala daerah dan pemilihan presiden," harapnya.

Sementara itu, Ketua National Paralympic Commite (NPC), Ogan Ilir, Fahmi saat diwawancarai mengaku senang lantaran dilibatkan dalam pengawasan Pemilu, dan memberikan sosialisasi prihal peran aktif dalam pengawasan pesta demokrasi tersebut.

"Alhamdulillah, kami merasa senang karena diakui keberadaan kami dan dilibatkan dalam pengawasan dan mensukseskan pemilu mendatang," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com