Honda

Tembus Lebih dari Rp788 Juta, Transaksi Ogan Ilir Terbaik di E-Katalog Lokal

 Tembus Lebih dari Rp788 Juta, Transaksi Ogan Ilir Terbaik di E-Katalog Lokal

Ilistrasi E-Katalog LKPP-tangkapan layar-palpres.com

INDRALAYA.PALPRES.COM- E-Katalog atau Katalog Elektronik merupakan bagian dari metode pembelian barang dan jasa melalui e-Purchasing, dengan menggunakan produk dalam negri. 

Pelaksanaan belanja tersebut diperuntukkan bagi paket untuk Usaha Mikro dan Kecil (UMK). 

Untuk transaksi saat ini Kabupaten Ogan Ilir berada di urutan ke 5 se-Provinsi Sumatera Selatan, di perkembangan capaian Katalog Elektronik Lokal dengan jumlah 13 penyedia, 181 produk dan transaksi sebesar Rp788.572.350.

Hal itu dalam rangka monitoring dan evaluasi implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2022 dan Surat Edaran Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 11 tahun 2022, tentang tata cara pengelolaan katalog elektronik pasca pencantuman barang/jasa pada katalog elektronik.

BACA JUGA:Baru 3 Produk Tayang di e-Katalog Lokal

Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir berkomitmen mendorong percepatan katalog elektronik lokal.

Untuk mendukung Instruksi Presiden tersebut, Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Setda Kabupaten Ogan Ilir Kiki Sumarce, SE., M.Si, bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan (PP) Kabupaten Ogan Ilir menghadiri Workshop Percepatan Katalog Elektronik Lokal beberapa waktu lalu di Aston Palembang Hotel & Conference Center. 

Berdasarkan transaksi saat ini Kabupaten Ogan Ilir berada di urutan ke 5 se-Provinsi Sumatera Selatan di perkembangan capaian Katalog Elektronik Lokal, dengan jumlah 13 penyedia, 181 produk dan transaksi sebesar Rp788.572.350.

Dalam Workshop Percepatan Katalog Lokal yang diadakan Direktorat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum, Per-tanggal 14 September 2022, diketahui Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir masuk didalam kategori yaitu 3 Pemda dengan Progress Transaksi di Katalog Lokal terbaik, bersama Pemkab Musi Banyuasin, dan Pemprov Sumsel.

BACA JUGA:Pemkab Ogan Ilir Siap Laksanakan Percepatan Implementasi Katalog Lokal

Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Setda kabupaten Ogan Ilir, Kiki Sumarce, SE., M.Si. menjelaskan berdasarkan hasil monitoring implementasi katalog lokal untuk pemda wilayah Sumsel, progres transaksi katalog lokal Kabupaten Ogan Ilir sudah cukup baik 

"Tetapi Pemkab Ogan Ilir melalui UKPBJ akan terus meningkatkan jumlah pelaku usaha dan UMK lokal, untuk mendaftarkan usahanya dan menayangkan produk di etalase yg telah tersedia di aplikasi katalog lokal LKPP.

UKPBJ juga akan terus melakukan penambahan etalase produk untuk mengakomodir, agar lebih banyak lagi usaha atau produk yang bisa ikut serta di katalog elektronik lokal," tuturnya, Minggu 18 September 2022.

Pihaknya juga mengajak DPTMPTSP dan Dinas Perindagkop untuk dapat mendorong penyedia barang yang berpotensi, untuk mempercepat membuat NIB dan persyaratan lainnya apabila ada yang dibutuhkan sehingga bisa ditampilkan di etalase Katalog Elektronik Lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com