Honda

Inspektorat Punya Peran Strategis Wujudkan Good Governance

Inspektorat Punya Peran Strategis Wujudkan Good Governance

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam, Samsul Bahri Burlian -Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam, Samsul Bahri Burlian mengatakan peran strategis inspektorat sebagai auditor adalah untuk mengawal reformasi birokrasi dalam mewujudkan pemerintah yang good governance.

"Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan terciptanya akuntabilitas, transparansi serta integritas, peran itu sangat penting," tutur Sekda. 

Tambah Sekda, melihat pentingnya peran inspektorat dalam mengawal pelaksanaan Good Governance tersebut,

"Sehingga dapat berjalan dengan lancar serta meningkatkan mutu kinerja inspektorat," tegasnya. 

BACA JUGA:Keluhkan Jalan Provinsi OKU Timur-Muara Dua Kembali Rusak

Diketahui, Inspektorat daerah merupakan unsur pengawas pemerintahan daerah yang dipimpin oleh Inspektur yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Inspektorat Daerah mempunyai tugas membantu Walikota melakukan membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah. 

Berita sebelumnya, Peran strategis inspektorat adalah mengawal reformasi birokrasi dalam pemerintah dan pelaksanaan Good Governance. Karena itu peran tersebut harus didukung penuh.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam Samsul Bahri Burlian saat menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) dan FGD Telaah Sejawat antar APIP se-Provinsi Sumatra Selatan, di Gedung Serbaguna Villa Hotel Gunung Gare.

Sekda mengatakan, mewakili Pemerintah Kota dan Masyarakat Pagaralam mengucapkan selamat datang kepada peserta rapat kerja Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia di Bumi Besemah Kota Pagaralam. 

BACA JUGA:Kunjungi BNPB Pusat, Bupati Komitmen Cegah Karhutla di OKU Timur

Samsul menjelaskan, peran strategis inspektorat adalah mengawal reformasi birokrasi dalam pemerintah dan pelaksanaan Good Governance, sehingga sehingga dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan terciptanya akuntabilitas, transparansi serta integritas.

Melihat pentingnya peran inspektorat dalam mengawal pelaksanaan Good Governance tersebut, Samsul berharap Rapat Kerja Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia dan FGD Telaah Sejawat antar APIP se-Sumsel ini, dapat berjalan dengan lancar serta meningkatkan mutu kinerja inspektorat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com