Honda

Susun Batu bata Pemandian Umum Dipandu dengan Seutas Tali

Susun Batu bata Pemandian Umum Dipandu dengan Seutas Tali

Personel TMMD bekerja memasang batu bata di sarana pemandian umum dipandu oleh tali, sehingga lebih rapi dan lurus.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Sejak program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/LAHAT dilaksanakan pada 16 September 2022, progres pengerjaan bangunan fasilitas umum (Fasum) pemandian umum, kini telah memasuki penyusunan batu bata yang dibantu oleh seutas tali.

"Kini, sarana pemandian umum di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat terus dilakukan pengerjaan oleh personel TMMD dibantu oleh masyarakat setempat," ujar Koordinator Pekerja MCK, Serda Ahyar, Kamis 29 September 2022.

Serda Ahyar menerangkan, bahwasanya fasilitas tersebut yang terdiri dari enam bangunan, secara keseluruhan berukuran 2x9 meter persegi ini, akan dipergunakan oleh penduduk untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

“Memang, sejauh ini, mayoritas warga untuk mandi, cuci dan kakus dilakukan di aliran Sungai Lematang yang tidak terlalu jauh dari pemukiman, nah, sudah saatnya mereka beralih sehingga kehidupan bisa sehat, bersih dan terhindar dari penyakit kulit," jelasnya.

BACA JUGA:Kejar Tayang, Personel TMMD Terus Bekerja

Dirinya berharap, setelah pembangunan infrastruktur pemandian umum ini 100 persen selesai, maka, siapa saja boleh mempergunakannya, sebab, semuanya telah dilaksanakan secara baik begitu pula dengan sanitasi dan limbah manusia pun ditampung di tempatnya.

“Untuk airnya pun bersumber dari mata air terdekat 24 jam nonstop, kita menginginkan pelayanan terbaik bagi masyarakat, supaya mereka mau berperilaku hidup bersih sehat (PHBS), dan kesehatan akan terjamin," beber Serda Ahyar.

Berita sebelumnya, kejar tayang, personel TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat terus mengerjakan pembangunan infrastruktur teras atau pelataran Masjid Nurul Iman, di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Koordinator Pekerja Masjid, Peltu Maman menerangkan, untuk progress pengerjan pelataran sendiri saat ini sudah masuk kisaran 55 persen, sedangkan untuk pembongkaran atap diangka 60 persen.

"Untuk pembangunan pelataran terus kita kerjakan, dibantu oleh masyarakat des/a begitu pula dengan atap bangunan Masjid Nurul Iman, sudah dikerjakan secara bersama-sama, sehingga ketika upacara pelaksanaannya semuanya item selesai 100 persen,” ucapnya, Kamis 29 September 2022.

Dirinya menambahkan, personel pun terus bergerak, ketika memasuki istirahat, sholat dan makan (Ishoma) saja mereka berhenti. 

BACA JUGA: Hadiri HUT Ke-63 PEPABRI, Pangdam: Semangat Pengabdian Prajurit Tak akan Pernah Mati

Setelah beberapa menit melanjutkan kembali pekerjaannya, walaupun cepat tapi kualitas dan kuantitas tetap menjadi perhatian khusus.

“Oleh karena itulah, kami dan warga kompak menjalankan tugasnya sesuai bagaian yang telah diberikan, terpenting kesehatan serta keselamatan tetap terjaga,” pungkas Peltu Maman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com