Honda

Disdikbud Pagaralam Libatkan Masyarakat dalam Menjaga Cagar Budaya

Disdikbud Pagaralam Libatkan Masyarakat dalam Menjaga Cagar Budaya

Kegiatan memperkenalkan Megalit ke pelajar di Pagaralam.-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Sebagai kota yang mempunyai banyak Megalit, Pagaralam bisa menjadi sarana bagi pelajar untuk mencintai kebudayaan masa lalu.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam, gelar kegiatan program Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya, melalui kegiatan Megalith Go To School tahun anggaran 2022, berlangsung sejak tanggal 9 hingga 22 September 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pagaralam Cholmin Heriyadi, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Lusi Suriani menuturkan, cagar budaya berupa benda, bangunan, struktur, situs dan kawasan perlu dikelola oleh pemerintah dan pemerintah daerah, dengan meningkatkan peran serta masyarakat, dalam melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan cagar budaya.

“Untuk pemeliharaan, perlindungan dan pegembangan cagar budaya, yang bernilai sejarah dan bagian dari suatu peradaban budaya yang tinggi, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Disdikbud Kota Pagaralam melaksanakan program pelestarian pengelolaan cagar budaya, dengan kegiatan Megalith Go To School tahun 2022,” jelas Lusi. 

BACA JUGA:Masyarakat Harus Makan yang Layak Konsumsi dan Bergizi

BACA JUGA:Hadiri Pengarahan Presiden RI, Bupati Ogan Ilir Siap Jalankan Instruksi

Dari pelaksanaan kegiatan ini, kata Lusi, pihaknya ingin mensosialisasikan keberadaan megalith, yang ada di Kota Pagaralam kepada pihak Sekolah, baik siswa maupun guru, terlebih lagi dan terkhusus guru mata pelajaran sejarah, agar menjadikan cagar budaya sebagai bagian dari bahan ajar. 

“Selain itu, kita juga ingin memberikan pengetahuan dan informasi, kepada pelajar tentang keberadaan situs cagar budaya di Kota Pagaralam, serta memberikan edukasi bagi siswa dan guru, tentang situs cagar budaya, mengenalkan tentang megalitikum dan edukasi soal cagar budaya kepada siswa dan guru,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com