Honda

Siswa-Siswi SDN 1 Trans Batumarta Buat Batik Celup Jumputan

Siswa-Siswi SDN 1 Trans Batumarta Buat Batik Celup Jumputan

Siswa SDN 1 Trans Batumarta, OKU Timur Membuat Batik Celup Jumputan.-Arman Palpres.com-

OKU TIMUR, PALPRES.COM- Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Batik Nasional. Siswa-Siswi SDN 1 Trans Batumarta, Kecamatan Madang Suku III, OKU Timur. Sabtu 1 Oktober 2022.
 
Seperti dilakukan salah satu siswi Faras (9) murid SDN 1 Trans Batumarta bersama ibunya Daniah (37) sibuk membuat batik celup jumputan.
 
Motif batik jumputan yang menjadi tema kegiatan membatik bersama ibu, kali ini dilaksanakan untuk memperingati hari kesaktian Pancasila dan sekaligus merayakan hari batik nasional yang jatuh pada tanggal 3 Oktober 2022.
 
Faras bersama 191 siswa lainnya sedang memperingati Hari Kesaktian Pancasila di halaman SD Negeri 01 Trans Batumarta Kecamatan Madang Suku III Kabupaten Ogan Komering Ulu.
 
Selain melaksanakan kegiatan membatik bersama ibu para siswa juga melaksanakan kegiatan upacara hari kesaktian Pancasila dengan menggunakan atribut batik nasional, murid-murid SD ini tampil modis dengan mengunakan batik batik bermotif nusantara.
 
Kepala sekolah SD Negeri 01 Trans Batumarta Suwardi S Pd menjelaskan, kegiatan yang di gagas oleh siswa orang tua dan dewan guru kali ini adalah perwujudan warga sekolah puzzle untuk mengenalkan jiwa nasionalisme kepada anak-anak.
 
“Anak-anak harus sejak dini diajarkan mengenal sejarah negara. Lalu juga dijelaskan bagaimana mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Yang terpenting adalah bagaimana mereka mencintai negaranya,Sudah beberapa hari ini anak-anak SD kami bersama ibunya membuat kain batik motif jumputan sebagai bentuk kolaborasi utuh warga pendidikan,”ungkapnya.
 
Untuk kedepan masih banyak lagi kegiatan kolaborasi antara sekolah siswa dan orang tua untuk lebih mengaktualisasikan konsep gatra Pendidikan milik kihajar dewantara ungkap kepala sekolah penggerak tersebut.MAN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com