Honda

Tingkatkan Pemantauan Orang Asing di Pagaralam

  Tingkatkan Pemantauan Orang Asing di Pagaralam

Rapat koordinasi pemantauan orang asing di Kota Pagaralam yang digelar di Aula Kantor Kesbangpol, Kota Pagar Alam.-Eko-palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM -  Keberadaan orang asing di Kota Pagaralam selama ini tidak terlalu mendapat perhatian. 

Karena itu, Kesbangpol Kota Pagaralam mulai melakukan koordinasi untuk pemantauan orang asing di Kota Pagaralam tahun 2022 ini.

Demikian terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar di Aula Kantor Kesbangpol, Kota Pagar Alam.

Hadir dalam rakor itu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pagaralam Dahnial Nasution, serta Kasi Inteldakim Kantor Imigrasi Muara Enim Machmudi.

BACA JUGA:Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing

Dalam kesempatan itu, Dahnial Nasution mengucapkan selamat datang kepada perwakilan Kantor Imigrasi Muara Enim beserta rombongan, serta mengucapkan terima kasih karena telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung dan menjadi narasumber pada kegiatan rapat koordinasi pemantauan orang asing di Kota Pagaralam pada hari ini.

"Rapat koordonasi ini merupakan sebuah momentum baik, khususnya bagi Kota Pagaralam sebagai Kota tujuan wisata di Sumsel dan memiliki akses transportasi udara yang merupakan objek vital dalam lalu lintas orang asing untuk lebih memahami langkah preventif deteksi dini Kamtibmas, menjaga stabilitas daerah serta kewaspadaan dini terhadap dampak negatif yang timbul akibat orang asing," ucap dia.

Dahnial menjelaskan, bahwa dalam situasi global yang terjadi tiga tahun terakhir ini, semua pihak telah menghadapi banyak kejadian luar biasa dengan adanya wabah Covid-19, dan kini dengan mulai adanya kekhawatiran akan masuknya virus lainnya.

"Sekarang ini mulai ada virus cacar monyet, hepatitis dan berbagai penyakit lainnya. 

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Jamin PMI Asal Palembang Kantongi Dokumen Resmi

Tentunya semua hal tersebut menjadi keprihatinan dan perlu menjadi perhatian kita bersama baik pencegahan penyebaran maupun penanganannya," ucapnya pula.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh pihak terkait pemantauan orang asing di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam ini untuk mengoptimalkan peran lintas sektor mulai dari Kelurahan dan Kecamatan sebagai garda terdepan dalam hal pemantauan orang asing di wilayahnya.

"Kewaspadaan terhadap para pendatang harus terus ditingkatkan, mulai dari tingkat paling baeah," tegas dia.

Ia berharap dengan adanya rakor ini akan terjalin penyamaan persepsi dalam hal pemantauan orang asing dan peningkatan kenyamanan keimigrasian, dalam mendukung pertumbuhan ekonomi serta investasi di Kota Pagaralam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com