Honda

Dua Alat Berat Terus Gerak Buka Akses Jalan TMMD

Dua Alat Berat Terus Gerak Buka Akses Jalan TMMD

Dua alat berat terus bergerak membuka akses jalan menghubungkan Desa Pagarbatu dan Perigi, Selasa 11 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Dua alat berat yakni, bulldoser dan excavator terus bergerak membuka akses jalan sepanjang 2,5 kilometer (Km) dan lebar 8 meter, yang menghubungkan Desa Pagarbatu dengan Perigi, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Koordinator Pekerja Jalan, Serma Fauzi mengatakan, saat ini untuk akses jalan sendiri telah berada titik 1.900 meter, dimana, kedua alat berat diturunkan berbarengan sehingga dapat tembus 2.500 meter pada program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat.

"Betul, kita optimalkan dua alat berat tersebut dengan diturunkan secara berbarengan, sejauh ini belum ada hambatan, hanya saja, ada titik-titik yang memang membutuhkan skill (kemampuan, red) terlatih," ucapnya, Selasa 11 Oktober 2022.

Dirinya mengemukakan, ada beberapa tanjakan serta lereng bukit yang tidak tinggi harus dipangkas menggunakan excavator, sehingga buldoser akan meratakan tanah.

BACA JUGA:Dansatgas TMMD ke 115 Sambut Hangat Kedatangan Bupati Lahat

"Tanjakan tidak begitu tinggi, akan tetapi, kita buat landai, supaya sepeda motor maupun kendaraan roda empat tidak terlalu sulit melintasnya," pungkas Serma Fauzi.

Terpisah, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP menuturkan, khususnya pengerjaan akses jalan dari titik nol hingga sekarang masuk ke 2.000 meter, semakin banyak membutuhkan tenaga dan pemikiran.

"Maksudnya disini, agar operator alat berat bekerja tidak terlampau dipaksakan, hanya saja, dapat disesuaikan dengan jadwal dan rencana awal tembus hingga ke Desa Perigi," paparnya.

Ia berharap, ketika akses jalan telah selesai dibuka dan diratakan, maka langkah berikutnya membuat dua unit platduiker untuk menghubungkan dua jalan dengan melintasi aliran anak sungai.

"Kedepannya, masyarakat yang mayoritas mencari nafkah dari berkebun akan memberikan kemudahan, bagi mereka membawa hasil bumi untuk dijual termasuk juga mengunjungi kediaman keluarga," tegas Toni Oki Priyono.

Berita Terkait, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP menyambut dengan hangat kedatangan Bupati Lahat, Cik Ujang SH di lokasi program TMMD di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Dansatgas TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP membenarkan, bahwasanya dalam kegiatan ini harus mengundang Bupati Lahat yang memiliki daerah selain itu, sebagai bentuk sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat.

"Betul, inilah sinergitas TNI dangan Pemkab Lahat yang notabene pemilik daerah dan juga membantu terselenggaranya program TMMD, dengan sumbangsih dari mereka," ungkapnya, Selasa 11 Oktober 2022.

BACA JUGA:Bupati Lahat Pukul Gong, TMMD ke 115 Kodim 0405/Lahat Dimulai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com