Honda

Tempat Bio Septic Tank Selesai Dikerjakan

Tempat Bio Septic Tank Selesai Dikerjakan

SELESAI : Pengerjaan tempat Bio Septic Tank untuk pemandian umum, telah selesai dilaksanakan, Ahad 16 Oktober 2022.-Bernat Palpres.com-

LAHAT,PALPRES.COM - Tempat untuk tangki bio septic tank berkapasitas 3.000 liter selesai dikerjakan, pada fasilitas umum (Fasum) mandi, cuci dan kakus (MCK), di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, melalui program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat.
 
"Tinggal memasangkan tangkinya saja, termasuk merakit pemasangan pipa paralon dari inlet hingga outlet," ungkap Koordinator Pekerjaan MCK, Serda Ahyar, Ahad 16 Oktober 2022.
 
 
Dirinya mengatakan, pemakaian tangki bio septic tank tersebut tergolong baru, hal ini bercermin dan pencegahan stunting, dikarenakan masih banyaknya penduduk desa masih beraktifitas di Sungai Lematang.
 
"Selain itu, memang anjuran dari Danrem 044/Gapo, dengan program bernama BASEMAH 44 (Bersih, Sehat dan Ramah Lingkungan), sehingga stunting di Kabupaten Lahat semakin menurun," terang Serda Ahyar.
 
 
Serda Ahyar menerangkan, sebagai sarana penunjang tambahan lainnya, tersediakan air bersih berasal dari sumur bor.
 
"Baik nantinya disalurkan langsung ke pemandian umum maupun pemukiman penduduk desa, karena timbulnya stunting dipacu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang minim," jelasnya.
 
 
Dirinya berharap, dengan adanya sarana pemandian umum tersebut, warga tidak lagi menggunakan Sungai Lematang, untuk mandi, cuci dan masih banyak Buang Air Besar Sembarangan (BAB's) di sungai dan darat.
 
 
"Untuk itu, air yang digunakan air minum tidak terkontaminasi oleh bakteri merugikan, sehingga anak-anak bisa tumbuh dan berkembang secara baik," tegas Serda Ahyar. BRN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com