Honda

Excavator Ratakan Tanah Akses Jalan Masuk Pemukiman Penduduk

Excavator Ratakan Tanah Akses Jalan Masuk Pemukiman Penduduk

Akses jalan yang melintasi pemukiman penduduk, kini diratakan sehingga lebih nyaman dilewati, Sabtu 22 Oktober 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Alat berat excavator meratakan tanah yang titik pembangunan akses jalan sepanjang 2,6 kilometer (KM) dan lebar 8 meter masuk ke pemukiman penduduk Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Komandan Kelompok (Danpok) Akses Jalan, Serma Fauzi mengatakan saat ini alat berat sudah berada di titik sedang meratakan tanah, yang melewati pemukiman warga.

"Akses jalan tersebut melintasi beberapa rumah masyarakat, oleh karena itulah, operator alat berat meratakan sehingga tanah tersebut tidak berceceran kemana-mana," jelasnya, Sabtu 22 Oktober 2022.

Dirinya menambahkan, kini penduduk sangat merasakan adanya akses jalan tersebut, walaupun belum tahap pengerasan, hanya saja, banyak dari mereka menggunakannya.

BACA JUGA:Staf Satgas TMMD Berikan Materi Pembuka

"Baik ketika membawa material ataupun beraktifitas ke kebun, yang mana, selama ini mereka mesti lewat jalan dusun, kini sudah mulai hilir mudik," papar Serma Fauzi.

Serma Fauzi berharap, apabila akses ini selesai, maka, masyarakat desa bisa ke kebun dengan hati yang senang, dan berkunjung ke sanak keluarga pun tidak perlu risau lagi.

"Apabila kanan kiri hutan, dewasa ini, telah dibuka dan dilebarkan dan mereka yang berkebun bisa membawa hasil bumi dengan baik sekali," tukasnya.

Berita Terkait, Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat dibantu warga Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat dalam pengerjaan plat duiker sepanjang 8 meter sesuai dengan lebar akses jalan dititik satu.

Dan kini sudah terpasang rangkaian besi serta papan mal dan siap untuk dicor.

“Betul, untuk dudukan dari bangunan plat duiker telah selesai, kini bersiap pengecoran dimana rangkaian besi dan papan mal sudah terpasang semuanya,” jelas Komandan Kelompok (Danpok) Plat duiker dan Poskamling, Serda Saragih, Sabtu 22 Oktober 2022.

Serda Saragih mengemukakan, setelah titik satu selesai dicor maka akan beralih ke titik dua, sehingga air dapat mengalir tidak mengenangi permukaan jalan nantinya.

"Fungsi dari plat duiker ini sendiri, bukan sekedar tempat untuk menyeberang saja, melainkan mengaliri air yang memang nantinya terdapat genangan," paparnya.

BACA JUGA:Personel TMMD Pasang Lisplang Rumah Nenek Ratna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com