Honda

Sultan Palembang Darussalam, SMB IV Sambut Kunjungan Pangeran dan Bangsawan dari Sultra

 Sultan Palembang Darussalam, SMB IV Sambut Kunjungan Pangeran dan Bangsawan dari Sultra

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja-Dudy Oskandar-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn menyambut baik kunjungan Bangsawan dan Pangeran dari Kerajaan dan Kesultanan di Sulawesi Tenggara (Sultra) ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darusalam, Rabu, 19 Oktober 2022.

Terhadap kunjungan rombongan Bangsawan dan Pangeran dari Kerajaan dan Kesultanan di Sulawesi Tenggara  yang dipimpin oleh YM. Mokole Andi Muslimin MS Sangia Pusu, ST.,M.PW.,IAI (Pangeran Cucu Raja XXVIII Kerajaan Poleang Moronene), SMB IV menilai sebagai wujud dari upaya memperkuat adat dan budaya di Kerajaan dan Kesultanan di wilayahnya masing-masing.

 “ Mereka bersilaturahmi ke Kesultanan Palembang Darussalam,  dimana kita sebagai Kerajaan dan Kesultanan di Nusantara ini memang selalu bersilaturahmi seperti ini.

Kita juga banyak sekali bercerita, karena pada dasarnya kita semua  memiliki tujuan yang sama, yaitu memperkuat adat dan budaya di Kerajaan dan Kesultanan di wilayahnya masing-masing,” katanya.

BACA JUGA: Pangeran dan Bangsawan dari Sulawesi Tenggara ‘Sowan’ ke SMB IV

Selain itu menurut pria yang berprofesi sebagai notaris dan PPAT ini, kedepan pihaknya akan menjalin kerjasama karena sama-sama dalam satu komunitas Raja-raja Nusantara  yang juga sering berinteraksi bersama.

Sebelumnya, YM. Mokole Andi Muslimin MS Sangia Pusukedatangan dirinya dan teman-temannya datang ke Kesultanan Palembang Darussalam dalam rangka  studi banding di kota Palembang dalam program kota pusaka, ruang terbuka hijau dan bangunan-bangunan keciptakaryaan .

“Sebagaimana halnya saya dari Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara diperintahkan pimpinan untuk studi banding di Kota Palembang.

Oleh karena itu, kami berkesempatan sebelum pulang setelah kunjungan lapangan untuk bersilaturahmi dengan paduka yang mulia Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn pada malam hari ini agar kita dapat masukan menyangkut hal-hal apa saja yang sudah direvitalisasi, dilestarikan dan dibangun dalam program kota budaya ini,” katanya.

BACA JUGA: Kerajaan dan Kesultanan di Sultra akan Jalin Kerjasama dengan Kesultanan Palembang Darussalam

Apalagi Kota Palembang menurutnya, merupakan situs peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam.

“Semoga kita dapat mengaplikasikan dan mengambil beberapa hal yang bisa kita bagikan di Sulawesi Tenggara,” katanya.

Menurutnya, kerjasama antara kerajaan dan kesultanan di Nusantara itu wajib, lantaran mereka merupakan bagian dari alas hak atau pemegang saham Negara Kesatuan Republik  Indonesia.

“ Juga kalau ada even-even nasional dan membangun bentuk komunikasi setiap saat,  agar bisa memberi masukan  juga  kebersaamaan di organisasi di Raja Nusantara maupun tentu bersinergi dengan program pemerintah.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com