Honda

Gaji Kamu Numpang Lewat Aja? 5 Hal ini Penyebab Membuat Kamu Enggan Menabung

Gaji Kamu Numpang Lewat Aja? 5 Hal ini Penyebab Membuat Kamu Enggan Menabung

ilustrasi menabung-GND-

 

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kebanyakan masyarakat ada yang tak bisa menyisihkan uang untuk tabungan masa depannya, terkadang lebih banyak faktor menunda untuk melakukan hal tersebut.  Meskipun begitu, menabung merupakan hal yang wajib ditanam sejak dini.

Tanpa menabung, kamu gak akan bisa memenuhi kebutuhan yang ada di masa depan kamu nanti, beberapa penyebabnya paling sering masih belum bisa untuk menabung.  Berikut merupakan pembahasan ini untuk kendala kenapa kamu suka menunda menabung;

1. Kamu belum punya tujuan masa depan yang ingin kamu tuju.

Masa depan salah satu aspek yang bisa mempengaruhi setiap orang untuk menabung.  Kamu hanya fokus untuk pemenuhan kebutuhan diri sendiri. Dengan begitu, kamu tidak akan berpikir secara lebih lanjut dalam mengeluarkan uang.

BACA JUGA:Dari pada Beli di Luar, Lebih Baik Buat Sendiri Kue Apem Gula Merah

2. Kamu masih suka menghabiskan gaji demi pemenuhan keinginan

Keinginan memang merupakan sesuatu yang wajar bagi setiap orang.  Banyak yang menyebut hal tersebut sebagai self-reward setelah berjuang keras selama ini. Tetapi, hal tersebut akan menjadi butuk jika kamu melakukannya secara berlebihan.

3. Kamu belum paham mengenai arti penting dari dana darurat

Dana Darurat merupakan salah satu aspek finansial yang wajib dimiliki oleh setiap orang.  Ketika ada kondisi yang mendesak, kamu bisa menggunakan hal tersebut sebagai upaya pemecahan masalah. Hal itu juga tidak akan menganggu kondisi keuanganmu.

Hal itu bisa dilakukan dengan menyisihkan sebagian gaji.  Setelah mengenal dana darurat, kamu pasti akan lebih paham bagaimana caranya menghargai isi dompet.  Kamu tidak akan semena-mena dalam mengeluarkan uang.

BACA JUGA:Lahir di Tanggal Ini, Hidupmu Sukses dan Bahagia Sampai Tua

4. Kamu masih terbiasa mengeluarkan uang tanpa pertimbangan

Kamu masih sering mengeluarkan uang tanpa pikir panjang?  Jika gajimu masih pas – pasan, cobalah untuk menghentikan kebiasaan semacam ini sebab akan membuat kondisi keuanganmu menjadi tidak sehat.

Mengapa bisa begitu? Walaupun harga barang yang akan dibeli cukup murah, kamu tetap harus mempertibangkan terkait dampak jangka panjang untuk kondisi keuanganmu.  Hargailah setiap rupiah yang kamu miliki, sebab itu bakal membuatmu bertahan hidup.

 

BACA JUGA:Resep Simpel Tumis Tahu Tauge Enak untuk Akhir Bulan 

5. Kamu belum bersedia memotong uang jajan bulanan demi menabung

Faktor utama seseorang enggan menabung adalah ketika dia belum bersedia memotong uang jajan bulanannya.  Gaya hidup yang dimiliki terlalu tinggi sehingga tidak ingin menurunkan gengsinya.  Padahal, kamu sejatinya harus menyesuikan gaya hidup sesuai isi dompet.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk bergaya hidup mewah sebab itu bakal membuatmu menyesal di kemudian hari.  Niatkan diri untuk bersedia memotong uang jajan bulanan demi masa depan. Tapi ingatlah bahwa menabung itu sangat penting.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: