Honda

Mengenal Employee Self Service Mulai dari Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Mengenal Employee Self Service Mulai dari Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Mengenal Employee Self Service Mulai dari Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya-muhammad iqbal-internet

PALPRES.COM - Employee Self Service atau sering disingkat ESS adalah sebuah sistem yang digunakan oleh pelaku usaha atau perusahaan untuk memberikan akses kepada para karyawan dalam melihat data personal mereka dan mengatur beberapa hal terkait pekerjaan yang mereka lakukan. 

Data personal tersebut biasanya terdiri dari data kehadiran atau absensi, jumlah libur yang mereka miliki, dan slip gaji. 

Perusahaan biasanya telah memiliki kebijakan dalam menentukan batas jumlah libur untuk setiap karyawannya dalam jangka waktu satu bulan atau satu tahun. 

Jadi, karyawan bisa dengan mudah melihat jumlah libur yang masih tersedia untuk mereka dengan adanya sistem Employee Self Service. 

BACA JUGA:Seluk Beluk Perencana Keuangan, Simak Manfaat Serta Aplikasi Rekomendasinya

Selain itu, karyawan juga bisa membuat pengajuan izin atau cuti, libur, serta pengajuan lembur kepada tim HR melalui sistem ini. 

Employee Self Service sangat berguna untuk karyawan dan tim HR perusahaan dalam menentukan setiap kebijakan tersebut. 

Karyawan bisa dengan mudah mengajukan beberapa hal tersebut secara online tanpa perlu membuat jadwal pertemuan langsung dengan tim HR.

Di sisi lain, tim HR juga tidak perlu kerepotan dalam mendata dan merekap absensi, cuti, dan lain-lain dari setiap karyawan dengan adanya sistem ini. 

BACA JUGA:Aplikasi Pak Tani Jawab Tantangan Zaman

Tim HR mempunyai berbagai macam tugas dalam perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia. 

Adanya sistem ini dapat mempermudah pekerjaan tim HR tersebut dan memangkas lebih banyak waktu daripada menggunakan cara manual. 

Selain itu, Employee Self Service juga lebih akurat dan bisa mengurangi terjadinya human error.  

Jadi, waktu tersebut bisa dimanfaat oleh tim HR untuk menangani berbagai macam hal lainnya seperti rekrutmen, pengembangan perusahaan, serta mengelola regulasi perusahaan dari waktu ke waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com