Honda

Pesta Halloween di Itaewon Berujung Maut, 149 orang Tewas

Pesta Halloween di Itaewon Berujung Maut, 149 orang Tewas

Deretan korban tewas dalam Tragedi pada Perataan Halloween di Distrik Itaewon Korsel - Dok Twitter @tanyarlfes-fin.co.id

BACA JUGA:Nuface Palembang Gelar Kpop Dance Competition, Kenalkan Produk Baru Makin Cantik Ala Korean Look

Para pejabat mengkonfirmasi bahwa dua orang asing tewas dan 15 orang asing terluka.

”Tidak ada laporan terkait narkoba yang dikonfirmasi,” kata Kepala divisi kriminal Kepolisian Yongsan Choi Eul-cheon.

Kejadian itu berawal pada semalam pukul 10.38 malam. Sebanyak 848 personel, termasuk 364 petugas pemadam kebakaran, dikerahkan untuk menangani tragedi itu dan 142 ambulans dikerahkan.

Serangan Jantung dan Sesak

Saking penuhnya orang, sekitar pukul 11.30 malam, petugas penyelamat melakukan CPR pada puluhan orang yang pingsan di dekat Hotel Hamilton di Itaewon. 

BACA JUGA:Scoot Perluas Layanan dengan Peluncuran Penerbangan ke Jeju, Korea Selatan

Mereka mengalami sesak. Laporan awal mengatakan ada sekitar 50 pasien yang mengalami serangan jantung di tempat kejadian.

Mereka yang hadir merayakan Halloween tanpa masker dan langkah-langkah jarak sosial sejak awal pandemi Covid-19.

Menyusul laporan insiden tersebut, Presiden Yoon Suk-yeol mengatakan semua kementerian dan lembaga terkait, yang dipimpin menteri administrasi publik dan keamanan, harus melakukan segala upaya untuk segera memberikan bantuan kepada para korban. 

Presiden juga menyerukan langkah-langkah keamanan untuk menghadapi keadaan darurat yang dapat dipicu pada acara Halloween yang berlangsung di seluruh negeri.

BACA JUGA:Mantan Idol K-Pop Ini Jadi Bintang Film Dewasa

Menurut Reuters, Minggu 30 Oktober 2022, Kepala Stasiun Pemadam Kebakaran Yongsan mengatakan sebanyak 65 orang terluka dalam bentrokan di distrik Itaewon itu. 

Sebanyak 19 orang dari yang terluka berada dalam kondisi serius dan menerima perawatan darurat kata pejabat setempat.

Ini adalah acara Halloween pertama di Seoul dalam tiga tahun setelah negara itu mencabut pembatasan Covid dan jarak sosial. 

Banyak pengunjung pesta mengenakan topeng dan kostum Halloween.

BACA JUGA: Ingin Gigi Putih dan Sehat Seperti Milik Seleb K-Pop, Ikuti Tips Ini

Dilansir AFP, Minggu 30 Oktober 2022, saksi mata yang berada di lokasi bercerita berebut keluar dari kerumunan yang menyesakkan itu. 

Miris, orang-orang menumpuk di atas satu sama lain. 

Paramedis yang melakukan evakuasi sampai kewalahan, hingga meminta bantuan orang yang lewat untuk memberi pertolongan pertama kepada para korban yang belum tertangani.

"Ada begitu banyak orang yang didorong dan saya terjebak di antara kerumunan dan saya tidak bisa keluar pada awalnya juga," kata Jeon Ga-eul, 30 tahun kepada AFP.

BACA JUGA:Wow, Artis Cantik Australia Pose Tanpa Busana di Bali

Jeon memiliki firasat bahwa hal buruk akan terjadi.

"Saya merasa seperti kecelakaan pasti akan terjadi," ujarnya.

Jeon Ga-eul mengatakan penyerbuan terjadi di dekat Hotel Hamilton di distrik Itaewon yang dikenal sebagai lokasi kehidupan malam. Di mana sejumlah besar orang berkumpul di gang sempit dekat hotel.

 

Artikel sudah tayang di fajar.co.id dengan judul: Tragedi Pesta Halloween di Itaewon Terus Makan Korban, 149 Orang Tewas, Kebanyakan Sesak Napas dan Serangan Jantung

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fajar.co.id